Selasa, Mei 7, 2024
BerandaIndexHeadlineKegiatan PRONALIS Di Puskesmas Dawarblandong Disambut Positif Masyarakat

Kegiatan PRONALIS Di Puskesmas Dawarblandong Disambut Positif Masyarakat

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Ratusan peserta mengikuti kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PRONALIS) yang diselenggarakan oleh Puskesmas Dawarblandong, Sabtu (25/5/2019) pagi.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulannya bagi masyarakat pemegang kartu BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis. Rata-rata mereka merupakan penderita penyakit diabetes dan hipertensi.

caption : senam sehat untuk tingkatkan kebugaran peserta

Menurut Kepala Puskesmas Dawarblandong, Ninik Munawati, PRONALIS banyak diminati masyarakat Dawarblandong, karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

“Ada skrining pemeriksaan kesehatan, senam sehat, dan penyuluhan kesehatan yang diberikan oleh dokter spesialis,” ujarnya.

caption : penyuluhan kesehatan oleh dokter spesialis

Sejauh ini sudah ada 110 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kebanyakan dari mereka merupakan golongan lansia. Minimal 45 tahun ke atas.

“Rencananya akan kami tambah waktunya. Jadi sebulan bisa dua kali, mengingat pesertanya kian bertambah,” imbuh Kapus Dawarblandong.

Dalam agenda ini, Kepala Puskesmas Ninik juga memberikan terapi kesehatan khusus, yang mana setiap peserta ditekankan untuk bernyanyi sebelum mengikuti serangkaian kegiatan.

“Namanya Penyuluhan bernada. Hal ini penting untuk kesehatan psikologis peserta. Sebab, bisa menimbulkan suasana nyaman. Jadi peserta yang biasanya emosional, bisa lebih terkontrol, sehingga akan berdampak pada kesehatan fisik,” tandasnya. (joe/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments