Minggu, Juni 16, 2024
BerandaIndexHeadlineDishub Mojokerto Cek Roda Bus AKAP Jelang Mudik Lebaran

Dishub Mojokerto Cek Roda Bus AKAP Jelang Mudik Lebaran

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Menjelang mudik Lebaran 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Mojokerto melakukan pengecekan bus antarkota, antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kertajaya Mojokerto, Kamis (16/05/2019). Salah satu bagian yang dicek secara detail yaitu roda bus.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional UPT LLAJ Mojokerto, Yoyok Kristiowahono mengatakan, ramp check dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan bus untuk menghadapi mudik Lebaran. Seluruh bus yang masuk terminal, terutama bus AKAP, diperiksa oleh petugas.

“Setiap hari dalam waktu 24 jam, kami melakukan yang namanya ramp chek, untuk menjaga keselamatan dari pada penumpang,” ungkapnya.

Kata Yoyok, pemeriksaan yang dilakukan yaitu meliputi, lampu, rem kemudi, klakson, hingga roda. Dia menuturkan petugas juga akan secara detail memeriksa ban bus.

“Tadi sudah beberapa kendaraan yang sudah kami chek klaksonnya sudah ok, artinya klakson itu tidak di pararel dengan rem angin,” jelasnya.

Dalam pengecekan ini petugas menindak satu Bus Antar kota jurusan Trenggalek yang kedapatan ban dalam kondisi tipis.

“Kami memberikan tiga opsi untuk kendaraan yang kedapatan melanggar, ditilang, diturunkan penumpangnya atau mengganti ban. Dan ternyata tadi Bus jurusan Trenggalek memilih untuk mengganti ban,” tandas Yoyok.

Menurut dia ban tipis dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu dapat membahayakan keselamatan penumpang.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments