Senin, April 29, 2024
BerandaIndexHeadlineH-1 Pencoblosan, PPK Dawarblandong Distribusikan Kotak Suara Ke 18 PPS

H-1 Pencoblosan, PPK Dawarblandong Distribusikan Kotak Suara Ke 18 PPS

Caption : Sembilan armada angkut logistik pemilu yang didistribusikan ke 18 PPS di Dawarblandong.

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dawarblandong bersama Muspika setempat mulai mendistribusikan Kotak Suara Ke 18 PPS di H-1 pencoblosan.

Dengan menggunakan sembilan kendaraan truck, PPK bersama Pemerintah Kecamatan, dan Panwascam, dibantu petugas keamanan dari Polsek dan Koramil Dawarblandong, serta LINMAS, saling bersinergi untuk memastikan logistik Pemilu 2019 bisa terdistribusi tanpa adanya kendala.

Ketua PPK Dawarblandong, Sujito memastikan pendistribusian berjalan dengan baik, sebab Muspika setempat sudah terbiasa menjalankan tugas secara bersama-sama.

Caption : Petugas PPK angkut kotak suara menuju armada

“Alhamdulillah, sejak pendistribusian dari KPU Kabupaten menuju gudang PPK, tidak ada kendala yang berarti,” ujar Sujito di kantor PPK Dawarblandong, Selasa (16/4).

“Kalau di daerah lain mungkin kotak suara ada yang basah akibat banjir atau atap bocor, di sini kondisinya aman. Sehingga pagi ini bisa didistribusikan ke 18 PPS di Dawarblandong,” inbuhnya.

Kondisi kotak suara yang masih baik, dan tersegel, menurut Sujito karena pihaknya melakukan penataan khusus. Hal ini untuk menghindari gangguan dari binatang rayap dan tikus, mengingat kotak suara berasal dari bahan kardus.

“Pemilu tahun ini kan berbeda jauh ya. Selain dilakukan serentak, bahan kotak suara juga berbeda, yaitu dari kardus. Ini sangat rawan terhadap serangan tikus atau rayap seperti di daerah-daerah lain. Kami juga rutin melakukan pengecekan guna memastikan kotak suara dan isinya dalam kondisi baik-baik saja,” pungkasnya di sela-sela proses distribusi kotak suara ke PPS.

Seperti diketahui, Pemilu 2019 banyak mendapat kritikan dari masyarakat, lantaran KPU menggunakan kardus sebagai kotak suara. Selain mudah hancur ketika terkena air, kotak suara kardus juga rawan dari serangan binatang rumah, seperti tikus dan rayap. Hal ini juga banyak dikeluhkan petugas PPK di sejumlah wilayah di Indonesia. (joe/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments