Kamis, Februari 29, 2024
BerandaIndexHeadlineIni Pesan Kapolres Mojokerto Kota Kepada Satuan Pengamanan

Ini Pesan Kapolres Mojokerto Kota Kepada Satuan Pengamanan

MOJOKERTO, xtimenews.com – Memasuki usianya yang ke 38 , Satuan Pengamanan (Satpam) seluruh Kota Mojokerto melaksanakan upacara yang dilaksanakan di Lapangan Patih Gajah Mada, Polres Mojokerto Kota, Jalan Bhayangkara no 25, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (30/12/2018).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Mojokerto sebagai inspektur upacara ini, dihadiri oleh Wakil Walikota Mojokerto, jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Pejabat Utama (PJU) Polres Mojokerto Kota serta 100 personil satuan pengamanan dari instansi dan perusahaan se- Kota Mojokerto.

Sebagai satuan pengamanan mempunyai kewajiban dan tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan situasi aman, nyaman dan kondusif. Tidak hanya pada skala lingkup yang besar namun lebih didahului dari ruang lingkup yang terkecil yaitu lingkungan sekitarnya.

Hal ini disampaikan Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setiyono, SH, SIK, M.Sc Eng saat memberikan sambutannya. Untuk kondisi saat ini, agenda besar telah menanti peran serta Satpam dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

“Kita akan menghadapi agenda besar yakni pesta demokrasi. Jika ditinjau dari perspektif keamanan, agenda tersebut memiliki karakteristik tingkat kerawanan sangat tinggi karena untuk pertama kalinya Pilpres dan Pileg dilaksanakan secara serentak,” ungkapnya.

Lanjut Sigit, agenda tersebut memunculkan potensi kerawanan yang harus diantisipasi, baik pada masa kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi perolehan suara, masing-masing mempunyai potensi kerawanan yang besar.

“Perlu diingat, bahwa potensi yang akan muncul antara lain, munculnya isu sara, ujaran kebencian dan penyebaran hoax atau berita yang tidak benar,” tandasnya.

Seluruh peserta upacara dalam peringatan HUT Satpam ke 38

Guna menjaga stabilitas keamanan tersebut, Polri membutuhkan dukungan dari semua masyarakat termasuk satuan pengamanan sebagai profesi yang luhur, yang akan sangat membantu tugas fungsi kepolisian yang terbatas.

Untuk itu, Kapolres Mojokerto Kota memberikan pesan kepada seluruh satuan pengamanan di Kota Mojokerto baik yang berada di instansi pemerintahan, BUMD, perbankan dan perusahaan, untuk bisa mengemban tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya.

“Sedikit pesan untuk semua satpam, selalu tingkat keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia,” tandas Sigit.

Kedua, jaga kehormatan pribadi dan taat pada kode etik satuan pengamanan serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Ketiga, tingkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi potensi gangguan dan kerawanan di lingkungan kerja sehingga dapat diantisipasi secara optimal.

Keempat, senantiasa tingkatkan kompetensi diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan guna mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kelima, bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat serta tingkatkan sinergi dengan jajaran Polri dan seluruh steakholder lainnya guna menjaga stabilitas keamanan pada unit kerjanya masing-masing.

“Semoga pada usianya yang bertambah, semakin bertambah pula semangat dan kualitas kinerjanya demi terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya. (ron)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments