Kamis, Juli 25, 2024
BerandaIndexHeadlineHari Disabilitas Internasional, Dinsos Kota Mojokerto Menggelar Resepsi

Hari Disabilitas Internasional, Dinsos Kota Mojokerto Menggelar Resepsi

Peringatan Hari Disabilitas Internasional

MOJOKERTO (xtimenews) – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mojokerto menggelar Resepsi Hari Disabilitas Internasional, bertempat di aula Hotel Raden Wijaya, Jalan Raden Wijaya No.42, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Senin (3/12/2018). Acara ini di hadiri oleh forkopimda Kota Mojokerto, anggota DPRD Kota Mojokerto, PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) Kota Mojokerto dan penyandang disabilitas se-Kota Mojokerto.

Moment ini menjadi pengingat dan dimanfaatkan oleh mereka yang berkebutuhan khusus untuk menunjukkan diri dan menampilkan eksistensi bahwa mereka bisa seperti manusia normal yang lainnya. Bertemakan Indonesia inklusi dan ramah disabilitas, Dinas Sosial sebagai lembaga negara yang mengurusi kelompok ini telah merancang berbagai kegiatan.

Ratusan penyandang disabilitas hadiri resepsi Hari Disabilitas Internasional.

Serangkaian acara dalam peringatan hari disabilitas dilaksanakan mulai dari kegiatan seremonial, kampanye sosial terkait disabilitas hingga pameran produk dari para penyandang disabilitas, antara lain baju kebaya, pernak pernik acsesoris gelang, kalung, gantungan kunci dan lain-lain. Juga ragam kesenian yang di pertunjukkan dalam acara tersebut.

Menurut kepala Dinas Sosial Kota Mojokerto, Drg. Sri Mudjiwati, peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat untuk bersaing di era digital sekarang ini.

“Penyandang disabilitas baik sebagai penerima manfaat maupun agen perubahan, dapat mempercepat proses menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan serta mempromosikan masyarakat yang tangguh untuk semua, termasuk dalam konteks pengurangan risiko bencana dan aksi kemanusiaan serta pembangunan perkotaan,” katanya.

Masih lanjut Sri Mujiwati, sebanyak 300 orang penyandang disabilitas di Kota Mojokerto harus terus di beri perhatian dan pelatihan-pelatihan khusus guna menyiapkan potensi diri bersaing dan turut membangun perekonomian masyarakat.

“Persamaan perlakuan tanpa ada pengecualaian dalam hal pendidikan, pelatihan, juga pelayanan yang sama dengan masyarakat lainnya, juga menjadi atensi dan tanggungjawab pemerintah,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Harlistyati, SH, M.Si, mengatakan, Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas sosial akan terus berupaya memfasilitasi semua penyandang disabilitas guna ikut membangun Kota Mojokerto.

“Tujuannya untuk terwujudnya partisipasi semua pihak dan kesetaraan yang ada khususnya di wilayah Kota Mojokerto. Saya yakin, penyandang disabilitas mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan dan bersaing dengan masyarakat lainnya,” pungkasnya. (Yun)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments