Senin, April 29, 2024
BerandaPemerintahanDidit Panji Saputra Pemuda Inspiratif Dirikan Telusur Education Center

Didit Panji Saputra Pemuda Inspiratif Dirikan Telusur Education Center

Mojokerto,Xtimenews.com – Generasi muda yang berkarya, inilah figur seorang Didit Panji Saputra pemuda dari Sinoman, Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto yang menjadi inisiator Telusur Education Center. Sebuah komunitas yang menjadi penggerak pendidikan non-formal berbasis alam.

Kiprahnya dalam pendidikan melalui Telusur Education Center inilah yang mengantarkan Didit menjadi wakil Provinsi Jawa Timur dalam pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional di bidang Pendidikan tahun 2023.

Didit menjelaskan bahwa Telusur Education Center adalah sebuah komunitas pemuda di sekitar Kali Telusur yang memberikan les secara gratis dalam jam wajib belajar di era Wali Kota Mas’ud Yunus.

“Kalau sebelumnya hanya belajar di dalam ruangan, sejak normalisasi Kali Telusur tahun 2019 pada masa kepemimpinan Wali Kota Ning Ita kita punya lahan untuk dijadikan sarana belajar agar anak-anak tidak bosan belajar di dalam ruangan,” kata Didit pada Minggu (25/2).

Ia menjelaskan dalam Telusur Education Center anak-anak selain mendapatkan pembelajaran formal sesuai kurikulum di sekolah, mereka juga mendapatkan pembelajaran soft skill seperti public speaking dan juga aksi peduli lingkungan yang merupakan salah satu penerapan kurikulum disini.

“Outing Class dengan melakukan outbond di Kali Telusur ini gratis. Ada aksi lingkungan yang mengajarkan anak-anak bagaimana cara mengelola sampah, memilah mana sampah yang masih bisa diolah menjadi produk daur ulang, sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang kita gunakan untuk eko enzim dan komposter,” terangnya.

Tak hanya untuk anak-anak, Didit menjelaskan dalam Telusur Education Center juga terdapat program Gerbang Karma (Gerakan pengembangan karakter Masyarakat Bersama) yang melibatkan remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak pada setiap Sabtu dan Minggu.

“Setiap Sabtu dan Minggu ada senam bersama dilanjutkan dengan kerja bakti oleh bapak-bapak sedangkan ibu-ibunya menghias dan merapikan tanaman di Kali Telusur sedangkan anak-anaknya literasi sama bermain permainan tradisional,” jelasnya.

Atas kiprahnya dalam pengembangan sumber daya manusia di Kota Mojokerto ini, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan apresiasinya. Ia pun berharap melalui Telusur Education Center akan lahir pemuda-pemuda yang memiliki semangat untuk membangun Kota Mojokerto.

“Semoga apa yang dilakukan Didit bisa menjadi semangat para pemuda, khususnya di Kota Mojokerto untuk membawa kemajuan di kota ini dan nantinya akan muncul pemuda-pemudi yang dapat memberikan dampak positif bagi warga Kota Mojokerto,” kata Ali Kuncoro.

Selain menjadi Pemuda Pelopor Jawa Timur 2023, Didit merupakan finalis Gus Yuk Kota Mojokerto 2017. Saat ini ia juga aktif dalam kegiatan kepramukaan dan serta menjadi fasilitator Insan Generasi Berencana (GenRe) Kota Mojokerto. (Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments