Senin, Juni 17, 2024
BerandaSosialMIO Jombang, Rencana Akan Rehab Rumah Janda Miskin

MIO Jombang, Rencana Akan Rehab Rumah Janda Miskin

JOMBANG, Xtimenews.com – Perwakilan Daerah ( PD) Media Independen Online ( MIO) Jombang kunjungi kondisi rumah Ibu Sujanah salah satu warga dusun Semanding RT/RW 01/06 Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Minggu (3/07/2022).

Kunjungan team PD MIO Jombang, bermaksud mensurvi terkait program rehab rumah bagi masyarakat yang kurang beruntung kondisi ekonomi minim.

Berdasarkan pengakuan Ibu Sujanah, dirinya sudah bertahun-tahun hidup dan menempati rumah yang sangat memprihatinkan tersebut.

” Saya beserta anak tidak tahu harus mengadu pada siapa. Rumah yang kami tempati ini sudah benar-benar tidak layak huni,” ujarnya.

Kondisi dinding rumah dari bambu yang dihuni juga sudah banyak yang berlubang. Apalagi jika musim penghujan tiba, air hujan pun masuk ke dalam rumah.

“Terpaksa kami beserta anak mengungsi ke rumah tetangga yang kebetulan masih keluarga,” katanya.

Wanita tua yang bekerja sebagai buruh tani ini sudah bertahun-tahun menginginkan bangun rumah yang layak huni. Namun apa daya, untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-harinya saja masih kurang dari cukup.

“Saya dan anak saya menyampaikan terimakasih banyak kepada PD MIO Jombang sudah membantu kami yang akan merehab rumah kami menjadi yang lebih baik dan layak huni,” ucapnya.

Sementara Totok Agus Hariyanto yang akrab di sapa Totok Bidik, yang merupakan Ketua MIO Jombang, menyampaikan dirinya hadir bersama jajaran pengurus dan anggota untuk melakukan survei rumah yang akan segera direhab dengan sasaran warga yang kurang mampu.

“Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi bagi setiap orang, ketiadaan rumah bagi keluarga berimplikasi pada keterlantaran anggota keluarga dan menyebabkan ketunaan sosial,” tegasnya.

“Masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah pada umumnya memiliki keterbatasan untuk mewujudkan kebutuhan rumah yang layak huni, terlebih masyarakat yang tergolong miskin memiliki rumah hanya sebuah impian indah yang mungkin sulit diwujudkan apabila tidak ada intervensi dari pihak lain. Untuk itu PD MIO Jombang hadir dan siap menjadi garda ter depan melopori kegiatan sosial rehap rumah,” ucap Totok.

Dijelaskannya, dirinya mendapatkan informasi dari teman-teman wartawan yang tergabung PD MIO Jombang bahwa ada salah satu warga Dusun Semanding, Desa Purisemanding yang tinggal di rumah tidak layak huni dan tidak bisa tersentuh program RTLH dari pemerintah dikarenakan tidak memiliki tanah dan lain sebagainya.

“Dari informasi awal tersebut, kami beserta teman-teman langsung melakukan survei kerumah yang dimaksud,” sambung Sulaiman Yudi yang akrab di sapa Missel wakil ketua PD. MIO Jombang.(ar/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments