Minggu, Juni 16, 2024
BerandaPemerintahanBhabinkamtibmas Polres Poso Juara I Lomba Kamtibnas Tingkat Nasional 2019

Bhabinkamtibmas Polres Poso Juara I Lomba Kamtibnas Tingkat Nasional 2019

KOTA PALU (Sulteng), Xtimenews.com – Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Moh. Syaiful, SH, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kayamanya Sentral Polsek Poso Kota Polres Poso, yang mewakili Polda Sulteng dalam lomba Kamtibmas tingkat nasional tahun 2019 di Mabes Polri, berhasil meraih peringkat pertama, menyisihkan anggota Bhabinkamtibmas lainnya yang berasal dari 33 Polda se nusantara.

Menurut Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Pranoto, SIk, Bripka Moh. Syaiful, SH, terpilih mewakili Polda Sulteng dalam lomba Kamtibmas tingkat nasional tahun 2019 di Mabes Polri setelah sebelumnya berhasil menjadi juara I lomba Kamtibmas tingkat Polres Poso dan tingkat Polda Sulteng.

“Atas prestasinya tersebut, Syaiful mendapat penghargaan dari Kapolda Sulteng dan dipercaya untuk mewakili Polda Sulteng dalam lomba Kamtibmas tingkat nasional di Mabes Polri,” katanya.

Dijelaskan, dalam lomba kamtibmas tingkat nasional tersebut, faktor yang menjadi indikator penilaian antara lain kinerja bhabinkamtibmas dilihat dari jumlah penyelesaian kasus, pembuatan laporan informasi dan pembuatan laporan door to door (DDS) inovasi bhabinkamtibmas bidang pendidikan dan pertanian serta kegiatan binmas pioneer dimana bhabinkamtibmas membuat video pendek tentang kinerja di wilayahnya.

Selain itu, katanya, dalam lomba tingkat nasional ini, juga dilakukan tes tertulis dan tes wawancara tentang kemampuan pengetahuan bhabinkamtibmas mengenai pemahaman dan penanggulangan konflik sosial, radikalisme, narkoba, kenakalan remaja, penanganan bencana, penggalangan masyarakat tokoh agama dan tokoh masyarakat, pemahaman negosiator, serta program pemerintah yang menjadi tanggung jawab bhabinkamtibmas. Dalam lomba bhabinkamtibmad tingkat nasional ini, tim penguji terdiri dari orang-orang yang memiliki kemampuan dan keahlian yang memadai dibidangnya. Misalnya, Kabaharkam Polri Komjen Mochgiyarto, SH, MHum, Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Drs. Widyarso Herry Mibowo, serta pakar polmas, pakar konflik sosial, pakar komunikasi, pakar radikalisme dan teroris.

Atas prestasi yang dicapai tersebut, Bripka Moh. Syaiful, SH, diundang khusus Mabes Polri untuk mengikuti upacara Hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 pada Rabu (10/7) di Mabes Polri Jakarta. Dalam acara syukuran, Bripka Moh. Syaiful, SH, menerima penghargaan dari Kapolri, Panglima TNI, Menteri Dalam Negeri dihadapan Presiden RI.

“Selain mendapat penghargaan berupa pin emas, Bripka Syaiful juga mendapat promosi untuk mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) tahun 2020, sesuai keputusan Kapolri No. Kep/1213/VII/2019, tanggal 5 Juli 2019,” jelas Kabidhumas Polda Sulteng.(Sugeng/Basri/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments