Jumat, Juni 14, 2024
BerandaPemerintahanUpacara Hari Bhayangkara ke 73 di Kabupaten Donggala Dipusatkan di Kecamatan Sirenja

Upacara Hari Bhayangkara ke 73 di Kabupaten Donggala Dipusatkan di Kecamatan Sirenja

DONGGALA (Sulteng), Xtimenews.com – Koordinasi dan sinergitas antara pemerintah daerah (pemda) Donggala dengan Polres Donggala nampaknya terjalin sangat akrab. Buktinya, dalam pelaksanaan upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 pada Rabu (10/7) kemarin, yang digelar di halaman Polsek Sirenja Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) bukan Kapolres Donggala AKBP S. Ferdinand Suwarji tetapi Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH, MH. Beda dengan daerah lainnya yang semuanya Irup adalah Kapolres setempat. Begitu pula ditingkat propinsi, yang jadi Irup adalah Kapolda Sulteng, bukan gubernur Sulteng.

Menurut subbaghumas bagops Polres Donggala, peringatan Hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 di Sirenja tersebut, selain dihadiri beberapa pejabat pemerintah seperti ketua Pengadilan Negeri Donggala, perwira penghubung Kodim 1306 Donggala, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Donggala, Kasat Pol PP, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Dinas Perhubungan Donggala, Kepala Rutan Donggala, Camat se kabupaten Donggala, Ketua Bhayangkari Cabang Donggala, para purnawirawan polri, juga melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Sedangkan peserta upacara terdiri dari 2 peleton staf Polres Donggala, 1 regu TNI anggota Koramil, 1 peleton satsabhara, 1 peleton satlantas,1 peleton gabungan Intelkam Reskrim dan Resnarkoba, 1 peleton satpol PP, 1 regu Dishub dan 1 regu dari Basarnas.

Presiden RI Joko Widodo dalam amanat tertulisnya dibacakan Bupati Donggala antara lain mengatakan, dalam pengelolaan anggaran, polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparan. Laporan keuangan polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama 6 tahun berturut-turut.

Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menunjukkan nilai akuntabilitas kerja instansi pemerintah dan indeks reformasi polri mengalami peningkatan disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 zona integritas, terdiri dari 64 satker dengan predikat wilayah bebas dari korupsi, 5 satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dalam peringatan Hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 tersebut, 3 personel anggota Polres Donggala mendapat penghargaan bintang Bhayangkara “Nararya” yakni AKP H. Teguh Basuki, Iptu Gustaf Rosadi, dan Iptu Metusalak.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan acara syukuran.(Basri/Gun/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments