Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPemerintahanSyukuran Hari Bhayangkara di Sulteng Ditandai dengan Pemotongan Tumpeng

Syukuran Hari Bhayangkara di Sulteng Ditandai dengan Pemotongan Tumpeng

KOTA PALU (Sulteng), Xtimenews.com – Usai pelaksanaan upacara Hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 di halaman Mapolda Sulteng, dilanjutkan dengan acara Syukuran di gedung Torabelo Polda Sulteng.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Sulteng membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muh. Tito Karnavian, Ph. D, yang antara lain mengatakan, kita perlu bersyukur karena sampai saat ini, Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sesuai undanh-undang. Polri yang memiliki anggota sebanyak 446.873 orang, tersebar di 34 Polda di 34 propinsi, 461 polres di 514 kabupaten/kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 kecamatan, bersama-sama dengan dan komponen bangsa lainnya menjadi pilar NKRI. Selama 3 tahun terakhir, Polri melakukan berbagai perbaikan melalui program promoter yang dititik beratkan pada 3 kebijakan utama yakni peningkatan kerja, perbaikan kultur dan manajemen media.

Menurut Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Pranoto, dalam acara syukuran ini ditandai dengan pemotongan “tumpeng” oleh Kapolda Sulteng, didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng, selanjutnya potongan tumpeng tersebut diberikan kepada anggota tertua, anggota termuda dan anggota yang lahir pada 1 Juli.

Acara syukuran diselingi dengan pemberian penghargaan kepada 42 orang personel yang berprestasi baik. Diantaranya AKBP Amin Rovi, SH, Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum, bersama 11 orang personelnya yang berhasil menangkap pelaku pembunuhan, pencurian dan pembobolan ATM bank.
AKBP P. Sembiring, SIk, Kasubdit III Ditresnarkoba bersama 17 orang personelnya juga mendapat penghargaan karena berhasil mengungkap dan mengamankan 1,80 kg sabu, 992 butir pil PCC, 30 butir pil ekstasi pada tahun 2018, dan mengungkap dan mengamankan 5,315 kg sabu pada tahun 2019. Selain itu, Bripka Moh. Syaiful, SH, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kayamanya Sentral Kecanatan Poso Kota, juga mendapat penghargaan karena berhasil sebagai juara lomba kamtibmas nasional antar Polda dan antar Polres Polda Sulteng. Briptu Akyko Micheel Kapito juga mendapat penghargaan karena ia bersama timnya berhasil meraih juara III Sepak Takraw pada Asen Games lalu.

Penghargaan lainnya, diberikan kepada Polres terbaik dalam pelaksanaan Satgas nusantara. Polres Banggai sebagai subsatgas manajemen sosial terbaik. Polres Poso sebagai subsatgas manajemen kemitraan terbaik. Polres Parimo sebagai subsatgas manajemen media terbaik. Polres Donggala sebagai subsatgas terbaik bidang.

Enam orang peserta lomba fotografi dengan tema “dengan semangat Promoter pengabdian polri untuk masyarakat, bangsa dan negara” keluar sebagai pemenang yakni Serka Maksum Jaya Saputra, anggota Korem 132 Tadulako (juara I), Moh. Rifki, wartawan (juara II), Briptu Irfan Harus, anggota Bidhumas Polda Sulteng (juara III), Amar Sakti, wartawan (harapan I), Iptu Basirun Laele, anggota humas polres Poso (harapan II), Dan Syamsuddin, wartawan (harapan III).(Basri/Sugeng/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments