Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaIndexPeristiwaWakaploda Sulteng Pimpin Sidang Kelulusan Penerimaan Polri TA 2019

Wakaploda Sulteng Pimpin Sidang Kelulusan Penerimaan Polri TA 2019

KOTA PALU, Xtimenews.com – Dalam penerimaan anggota Polri, seleksi dilaksanakan melalui prinsip Bersih, Akuntabel, Transparan dan Humanis (betah) sesuai tuntutan dan harapan masyarakat guna menghasilkan sosok anggota polri yang profesional, bermoral dan modern serta memiliki watak yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kejujuran dengan berpedoman kepada moral dan kode etik kepolisian.

Wakil Kapolda Sulteng mengemukakan hal tersebut saat memimpin sidang kelulusan sementara penerimaan Polri tahun 2019 tingkat panitia daerah Sulteng, kemarin di gedung Torabelo Mapolda Sulteng. Kegiatan yang dihadiri Irwasda dan Karo SDM Polda Sulteng ini, diikuti para peserta seleksi bersama orang tua/wali serta Ketua dan anggota tim Supervisi Mabes Polri, pengawas internal dan eksternal.

Menurut Wakapolda Sulteng, pelaksanaan sidang kelulusan sementara peserta seleksi penerimaan Polri 2019 yang digelar secara terbuka merupakan wujud transparansi dalam menentukan peserta yang mendapat kesempatan untuk mengikuti tahap supervisi. Sebab itu, dalam pelaksanaan seleksi penerimaan anggota polri, dibutuhkan dukungan dan keterlibatan semuan pihak secara aktif dan optimal secara tetpadu agar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sistem penerimaan personel polri yang BETAH dan Clear and Clean dapat terwujud.

“Sidang kelulusan sementara dalam penerimaan terpadu personel polri 2019 ini merupakan bagian dan tahapan seleksi guna menentukan calon personel polri yang lulus terpilih untuk dapat mengikuti tahapan supervisi Mabes Polri,” jelas Wakapolda.

Wakapolda Sulteng mewanti-wanti seluruh peserta seleksi, para orang tua, panitia maupun pengawas internal dan eksternal untuk tidak melakukan upaya tidak terpuji untuk meluluskan peserta melakui jalan pintas. “laporkan jika terdapat orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin meluluskan peserta seleksi melalui upaya yang tak terpuji,” tegasnya.

Sesuai hasil kelulusan sementara, jumlah peserta seleksi penetimaan anggota polri 2019 tingkat panda Sulteng terdiri dari : AKPOL 5 peserta dan berhak mengikuti tahap supervisi tingkat pusat di Semarang Jawa Tengah. Bintara Polri Tugas Umum (ba polgasum) sebanyak 237 orang (222 orang laki-laki dann15 orang wanita) dan akan mengikuti tahap supervisi. Bintara Polri Kompetensi Khusus sebanyak 37 orang (31 orang laki-laki dan 6 orang wanita) serta 13 orang Tamtama.

Seluruh peserta seleksi penerimaan polri tahun 2019 ini, sebelumnya mengikuti rangkaian tes meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes kesamaptaan dan jasmani, tes psikologi, uji akademik dan PMK.(Bas/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments