Minggu, Mei 19, 2024
BerandaIndexHeadlineKota Mojokerto Segera Miliki Teknologi Pembangkit Listrik Dari Sampah

Kota Mojokerto Segera Miliki Teknologi Pembangkit Listrik Dari Sampah

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Kota Mojokerto akan segera miliki teknologi tinggi dalam pengelolaan sampah. Nantinya, sampah yang ada di beberapa Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) akan disulap hingga bisa menghasilkan listrik.

Hal ini merupakan bagian dari kerja sama Pemerintah Kota Mojokerto dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang telah ditandatangani di Ruang Nusantara, Kantor Walikota Mojokerto, Selasa (28/5/2019).

Dalam kerja sama ini, ada tiga poin penting yang menjadi fokus pemanfaatan teknologi dalam rangka mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah. Menurut Walikota Ika Puspitasari, Hal itu penting demi meningkatkan kapasitas masyarakat,.juga lembaga-lembaga daerah melalui pengkajian dan penerapan teknologi yang ada di BPPT.

caption : Walikota Ika Puspitasari mengunjungi Dinas Penanaman modal bersama BPPT

“Pertama yaitu pengelolaan air PDAM agar menjadi lebih berkualitas dan layak. Kedua terkait pemurnian gas metan yang ada di TPS supaya kedepan bisa dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik dan pengkajian untuk pemanfaatan teknologi informasi,” jelas Ning Ita.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa dengan adanya perjanjian kerja sama ini Pemerintah Kota Mojokerto akan mendapat pendampingan dan support secara langsung oleh BPPT. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan yang terintegrasi.

Dengan adanya kerja sama ini, Neng Ita berharap agar seluruh OPD sanggup menjalankan seluruh poin yang telah disepakati. Artinya, kerja sama ini harus konkret dilaksanakan, bukan hanya sebatas perjanjian tertulis di atas kertas. (joe/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments