Senin, Mei 27, 2024
BerandaIndexHeadlineMenengok Desa Literasi Tebel Barat yang Murni Dari Masyarakat

Menengok Desa Literasi Tebel Barat yang Murni Dari Masyarakat

Caption : Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Ibu Arumi Emil Dardak, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Ibu Ida Nur Ahmad Syaifuddin, dan Olga Lidya saat menggelar talkshow

SIDOARJO, Xtimenews.com – Di Kabupaten Sidoarjo terdapat kampung literasi, di Desa Tebel Barat Kecamatan Gedangan. Perpustakaan “Bait Kata” merupakan cikal bakal Desa Literasi di Desa Tebel Barat, yang digagas oleh sepasang suami istri (Ifa Suraiya dan Haris Muhtadi) yang sangat peduli dengan perkembangan literasi di Kabupaten Sidoarjo. 

Pada Selasa (23/4) Bait Kata Library menggelar “Bendo Festival Tapak Kali”, tepatnya di pinggir Kali Bendo di  Desa Tebel Barat yang sangat tertata rapi, asri dan penuh warna warni. 

Caption : Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Ibu Arumi Emil Dardak, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Ibu Ida Nur Ahmad Syaifuddin mendapat sambutan dari masyarakat setempat

Kegiatan ini sangat spesial karena di buka oleh Wakil Bupati Sidoarjo. Selain itu juga dilaksanakan talkshow dengan nara sumber  Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Ibu Arumi Emil Dardak, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Ibu Ida Nur Ahmad Syaifuddin, dan Artis Ibukota yang sangat peduli dengan gerakan literasi, Olga Lidya.

Wakil Bupati menjelaskan bahwa ini merupakan murni kegiatan dari masyarakat.  Kegiatan ini dimanajemen sedemikian rupa sehingga masyarakat bisa mengekspresikan potensi yang ada di desanya.

Kemajuan suatu daerah tidak bisa dipisahkan dengan buku bacaan, perpustakaan, karena buku adalah jendela Dunia.” Makin banyak kita membaca, makin banyak ilmu yang kita miliki, maka kesempatan untuk berekspresi memajukan potensi yang ada makin banyak peluang,” jelas Cak Nur (sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo).

Walaupun lokasi kegiatannya di pinggir kali, namun tempatnya tertata dengan rapi, bersih dengan sungai yang bersih.

Antusiasme masyarakat yang mengenakan baju nasional dan  internasional penuh warna dan swadaya masyarakat dalam mewujudkan Desa Literasi yang sangat menarik perhatian Ibu Arumi. 

 Ibu arumi sangat kagum karena Desa Tebel ini salah satu investasi yang sangat luar biasa, karena menggerakkan masyarakat dan masyarakatnya mau bergerak, masyarakatnya mandiri dan punya inisiatif sendiri untuk membentuk desanya.

“Saya pesan mulai dari pak Camat, Pak Kades, dan bapak Wakil Bupati mohon dibimbing dan disupport terus Desa Tebel ini,” pintanya.

Dilokasi kegiatan seluruh gang kecil dihiasi dengan pernak – pernik literasi, dankegiatan para millenial Desa Tebel Barat. (ain/yus/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments