Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaIndexHeadlineAnggota DPRD Sidoarjo Angkat Bicara, Soal PT SJA Dengan Warga Wonokupang

Anggota DPRD Sidoarjo Angkat Bicara, Soal PT SJA Dengan Warga Wonokupang

SIDOARJO, xtimenews.com – Warga Desa Wonokupang, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengeluhkan karena tidak pernah sekalipun mendapatkan kompensasi dari pabrik karton PT SJA. Disamping itu warga juga mengeluhkan semenjak berdirinya perusahaan, lingkungan sekitar warga Desa Wonokupang sering terjadi banjir.

Hal ini mendapat respon dari Anggota Komisi D (Bidang Kesejahteraan Rakyat) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN)

Bangun Warsito, ST., Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo dari fraksi PAN mengatakan, seharusnya setiap perusahaan wajib menyisihkan antara 2% sampai 3%  dari laba untuk kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.

rumah warga yang terdampak banjir

“Setidaknya PT SJA memperhatikan warga sebagai bentuk kepedulian, dasarnya peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sidoarjo Nomor 2 Tahun 2013, Tentang Tanggungjawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan Di Wilayah Kabupaten Sidoarjo,” jelas Bangun.

Menurutnya, agar warga desa Wonokupang membuat surat pengaduan ke DPRD dan ditujukan ke ketua dewan.

“Buat surat pengaduan saja, pakai tulisan tangan juga tidak apa-apa, agar ada penindakan oleh DPRD terkait masalah warga dengan PT SJA,” jelas Bangun Winarso.

Untuk diketahui, saat proses pengurukan dan pemadatan lahan yang menggunakan alat berat, warga juga merasa dirugikan karena banyak dinding rumah mereka yang retak. Menurut warga hal itu dikarenakan oleh dampak getaran yang ditimbulkan.(Ain/yus/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments