Senin, April 29, 2024
BerandaIndexHeadlineForkopimka Tanggulangin Dan Pemkab Sidoarjo Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Melalui Lomba SBH

Forkopimka Tanggulangin Dan Pemkab Sidoarjo Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Melalui Lomba SBH

Kedatangan Wabup Sidoarjo bersama rombongan disambut antusias oleh masyarakat.(foto istimewa/xtimenews)

SIDOARJO, Xtimenews.com – Forkopimka Tanggulangin Dan Pemkab Sidoarjo Ajak Masyarakat peduli Lingkungan melalui Lomba Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) serta Lomba kebersihan dan penghijauan lingkungan atau lomba SBH (Sidoarjo Bersih Hijau) kembali digelar pada tahun ini.

Kali ini sasarannya Desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Lomba tersebut untuk mengajak masyarakat Sidoarjo peduli lingkungan. Setiap tahun, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo menyelenggarakan lomba tersebut.

Pagi tadi, Selasa (26/03/2019) tim penilai lomba SBH berkunjung ke RT 02 RW 01 Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin. Penilaian dilakukan DLH Kabupaten Sidoarjo dan juga melibatkan TP-PKK Sidoarjo.

Foto bersama pada kegiatan Lomba Sidoarjo Bersih dan Hijau.(foto istimewa/xtimenews)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH bersama Kepala DLH Kabupaten Sidoarjo Ir. Sigit Setyawan. Kedatangan tim penilai lomba SBH disambut meriah, mulai dari musik patrol sampai kader lingkungan dengan yel-yel lingkungannya.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin merasa senang dengan sambutan yang dipersembahkan pagi itu. Wabup menilai kebersihan dan penghijauan lingkungan RT 02 tidak dilakukan saat ada lomba SBH, namun sudah menjadi kesadaran warga sejak dulu dalam menjaga lingkungannya. “Kulo delok pot e mboten anyar, (saya lihat pot nya tidak baru), ini berarti bukan hal baru namun sudah menjadi kebiasaan dan pola hidup masyarakat disini, ini luar biasa,” ujar Wabup.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin dalam sambutannya, menjaga kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Bukan hanya dibebankan kepada pemerintah saja. Masyarakat diharapkan peduli dengan lingkungannya.

“Masalah lingkungan tidak boleh kita pasrah kepada pemerintah saja, masalah lingkungan adalah masalah kita semua,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DLH Kabupaten Sidoarjo Ir. Sigit Setyawan mengatakan, lomba SBH sebagai upaya mengajak masyarakat peduli lingkungan. Senada dengan Wabup, Sigit katakan pemerintah tidak mungkin menangani lingkungan sendiri. Dibutuhkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan penghijauan lingkungan.

“Seberapa besar anggarannya, pemerintah tidak akan mampu menangani lingkungan,” ujarnya.

Sigit menambahkan, tempat pengelolaan sampah di Kabupaten Sidoarjo sangat terbatas. Pemilahan sampah diharapkan dilakukan masyarakat. Dengan begitu volume sampah yang dibuang akan berkurang.

“Kalau tidak dilakukan pemilahan dari awal, tidak dilakukan pengelolaan sampah, TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah kita mungkin sudah tutup,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 0816/06 yang diwakili Pelda Kartono, Camat tanggulangin Didik widoyoko dan sekcam juga stafnya, Kapolsek Tanggulangin Kompol Hardiantoro beserta Anggota juga Beberapa anggota dari koramil 0816/06 tunggulangin.(ain/yus/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments