Kamis, Februari 29, 2024
BerandaIndexPeristiwaBabinsa Dan Bhabinkamtibmas Yang Eksis Di Desa Binaan

Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Yang Eksis Di Desa Binaan

SIDOARJO, Xtimenews.com – Babinsa Koramil 0816/12 Prambon Serka Ahmad Hadi bersama Babinkamtibmas dan Petugas dari Dinas Sosial dan Camat Prambon Ainun Amalia S, Sos didampingi Kepala Desa Simpang Sholeh pada hari jum’at tgl 22 Maret 2019, bertempat di Balai Desa Simpang Kecamatan Prambon menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi SIKS – NG (Sistem Kesejahteraan Sosial – Next Generation) dalam rangka updating data sebagai upaya perbaikan data fakir miskin secara berkala bagi warga Desanya agar bantuan sosial bisa tepat sasaran.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi tersebut dipimpin oleh petugas Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, selain dihadiri oleh unsur Forkopimka Kecamatan Prambon yang telah kami sebutkan diatas juga dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Simpang kecamatan Pranbon beserta 80 orang warga masyarakat Desa Simpang Kecamatan Prambon.

Petugas Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo mengatakan bahwa Rakor dan musyawarah ini dalam rangka Sosialisasi sistem updating data sebagai upaya untuk perbaikan data fakir miskin secara berkala agar bantuan sosial tepat sasaran. Untuk menghindari adanya kekeliruan dan ketidakvalidan data penerima manfaat bantuan pangan non tunai (BPNT), Dinas Sosial Kab. Sidoarjo mulai menerapkan aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation), yang mana hal tersebut sudah sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat.

Saat ini sudah mulai dilakukan pelatihan terhadap operator di setiap Desa agar dapat menggunakan aplikasi ini. Dengan adanya aplikasi ini, maka bagi penerima manfaat yang sudah tidak berhak mendapatkan bantuan atau dengan kata lain yang taraf hidupnya sudah lebih sejahtera akan digantikan dengan nama baru yang layak dan memenuhi syarat menerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).

Data calon penerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) ini harus sudah masuk terlebih dahulu dalam basis data terpadu tahun 2018 dimana ini sesuai dengan data BPS dan data penerima rastra sebelumnya.

Sebagai penutup, Petugas Dinas Sosial Kab. Sidoarjo dan Semua Jajaran mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Rakor yang hadir dan berharap agar aplikasi SIKS-NG ini bisa mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Desa Simpang Sholeh, mengucapkan terima kasih kepada Petugas Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo atas Sosialisasi maupun penjelasan yang sudah dipaparkan, juga Camat prambon dan tidak lupa pula berterima kasih kepada Babinsa Koramil 0816/12 Prambon Serka A. Hadi dan Babinkamtibmas karena sudah banyak membantu dalam mendata warga fakir miskin di Desa, serta berharap kepada warga masyarakat Desa agar memahami program BPNT melalui aplikasi SIKS-NG yang sudah dijelaskan oleh Petugas Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo.

Pada kesempatan yang diberikan oleh pembawa acara, Babinsa Koramil 0816/Prambon Serka A. Hadi mengucapkan terima kasih karena telah diundang pada kegiatan tersebut, yang mana undangan tersebut merupakan wujud kedekatan Babinsa dengan Rakyat.

“Saya berharap semoga kerjasama dan sinergi antara Pemerintah Desa dengan Babinsa dan Babinkamtibmas semakin kompak dalam rangka mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh warga masyarakat Binaanya sehingga akan hidup makmur,”Ucap Pelda Supriono.(wan/yus/gan).

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments