Kamis, Februari 29, 2024
BerandaIndexPeristiwaCerita Pemuda Yang Hoby Budidaya Ikan Lele Dan Ikan Koi di Mojokerto

Cerita Pemuda Yang Hoby Budidaya Ikan Lele Dan Ikan Koi di Mojokerto

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Meningkatnya kebutuhan hidup lebih tepat disiasati dengan membangun usaha sampingan. Salah satu yang layak dicoba adalah budidaya ikan lele.

Di Mojokerto, Jawa Timur, usaha budidaya lele akhir-akhir ini semakin digemari masyarakat karena bisa menambah pundi-pundi penghasilan. Kesuksesan budidaya lele telah dirasakan oleh Hariyono (32) warga Dusun Gempal, Desa Wunut, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. Tidak hanya ikan lele dirinya juga membudidaya ikan Koi.

Pada tahun 2014, seorang Pemuda pecinta ikan Koi ini mengawali ternak ikan lele dengan memanfaatkan halaman kosong di samping rumah. Dilahan itu, dia membuat kolam permanen berukuran 5 x 30 meter dengan tinggi sekitar 1 meter yang disekat menjadi tujuh kotak dengan ukuran yang berbeda.

“Satu kotak digunakan untuk indukan, dan dua kotak difungsikan untuk pemilahan ikan lele, yang tiga kotak lagi untuk ikan Koi, satu untuk induk satu ukuran sedang dan satu lagi untuk ukuran besar,” kata Hariyono kepada xtimenews.com, Minggu (17/03/2019).

Masih kata Hariyono, Ada satu kotak kolam lagi ukuran 2,5 x 10 meter yang disekat kotak-kotak menjadi beberapa bagian, yang digunakan untuk pemilahan indukan ikan lele dan Koi yang kurang sehat.

Ikan Koi yang dibudidayakan Hariyono.(Deni Lukmantara/xtimenews)

“Memilih indukan untuk pembenihan ikan lele hendaknya dimulai sejak calon indukan masih berukuran sekitar 5-10 cm. Pilih ikan lele yang mempunyai sifat-sifat unggul seperti tidak cacat, memiliki bentuk tubuh yang baik, gerakannya lincah, pertumbuhannya paling cepat dibanding lainnya,” katanya.

Kemudian, lanjut Hariyono pelihara calon-calon indukan unggul tersebut dalam kolam pemeliharaan tersendiri. Pemeliharaan calon indukan akan lebih baik bila diperlakukan lebih istimewa, dengan memberikan pakan berkualitas dan pengairan yang bagus.

“Penyeleksian terhadap calon indukan untuk pembenihan ikan lele dilakukan setiap 2 minggu sekali. Jangan lupa pisahkan berdasarkan ukuran agar tidak saling kanibal. Lakukan secara berkala sampai mendapatkan indukan yang benar-benar baik,” ujarnya.

Menurutnya Ikan lele jantan bisa dijadikan indukan setelah berumur 8 bulan, sedangkan untuk lele betina setidaknya berumur satu tahun. Bobot indukan yang baik setidaknya mencapai 0,5 kg.

“Alhamdulillah sampai saat ini meski kadang panen hasilnya kadang kurang memuaskan tapi memang itu adalah resiko dan hasilnya lumayan,” ucapnya.

“Pernah juga ikan lele sudah usia satu bulan karena faktor cuaca ikannya mati semua, karena ini memang hoby saya sejak kecil sejak jaman saya sekolah ya tetap saya geluti budidaya ikan ini,” imbuhnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments