Jumat, Mei 3, 2024
BerandaIndexSeni & BudayaMengingat Sejarah Pada Pekan Budaya Sambeng

Mengingat Sejarah Pada Pekan Budaya Sambeng

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Pekan Budaya Sambeng yang digelar selama dua hari mulai Sabtu (09/03) hingga Minggu (10/03) resmi dibuka pada Sabtu (09/03/2019) siang sekitar pukul 10.00 WIB, yang bertempat di Dusun Sambeng, Desa Belahantengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan ini berupa pertunjukan seni, pagelaran budaya, pameran situs, benda-benda bersejarah dan ada juga lapak penjualan keris serta lapak pedagang lainnya.

Pada kesempatan tersebut Camat Mojosari, H Faizun, SH, MM., Mengatakan, kegiatan ini untuk mengingatkan kita akan kekayaan keragaman seni budaya yang kita miliki. Khususnya di Mojosari. Selain itu juga ingin memperkenalkan situs-situs bersejarah, khususnya yang pernah ditemukan di Sambeng.

Pengunjung saat melihat pameran temuan Situs Sambeng.(Deni Lukmantara/xtimenews)

“Ini adalah momentum, nanti kedepannya kita persepsikan bersama dengan Pemerintah Desa, kalau bisa nanti kita gabungkan dengan kegiatan desa dan kegiatan hari besar, sehingga apa yang kita lestarikan di desa ini ada arahnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Camat menegaskan bahwa, untuk sementara ini pihaknya, masih menggali dimana keberadaan letak situs itu ada, namun menurutnya tanda-tanda situs itu sudah ada.

“Kita masih cari tau apakah betul itu makam dari Mbah sumbro, jika nanti benar di Dusun Sambeng ada makam leluhur, maka kita sosialisasikan dulu pada masyarakat bahwa di tanah Sambeng ini ada peninggalan leluhur kita,” ujarnya.

Camat menambahkan, bahwa pihaknya akan berkerjasama dengan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto.

“Kita datangkan ahlinya apakah benar di sini ada peninggalan dari Raja Girindrawardana, apakah nanti ada hubungannya dengan di Jolotundo ini masih kita gali semua,” pungkasnya.(den/ron/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments