Sabtu, Maret 2, 2024
BerandaIndexHeadlineTumpengan Bareng Warga Dalam Rangka Haul Ke 2 Temuan Situs Alas Trik

Tumpengan Bareng Warga Dalam Rangka Haul Ke 2 Temuan Situs Alas Trik

SIDOARJO, Xtimenews.com – Paguyuban Kedhaton Mojopahit menggelar tumpengan bareng bersama warga masyarakat sekitar situs sebagai bentuk kepedulian Temuan situs Alas Tarik, dalam rangka haul Ke 2 temuan Situs Kedhaton Mojopahit Ring Alas Tarik di Desa Kedungbocok, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo.

Dalam acara Haul tersebut dihadiri Kepala Desa Kedungbocok H. Moh Ridho beserta jajarannya dan Tokoh Masyarakat serta beberapa Komunitas Peduli Budaya Mojopahit, salah satunya Caleg DPRD Sidoarjo Evi Rachmawati S. Pd Dapil 4 Tarik, Balongbendo, Krian, beserta staf, Minggu (03/02/2019).

Situs Kedhaton Mojopahit Wiwitan Ring Alas Tarik ini ditemukan warga Masyarakat, ketika ingin menanam tanaman pada waktu mencangkul, cangkulnya mengait Batu bata besar, yang akhirnya ditelusuri oleh warga masyarakat serta paguyuban kedhaton tampak seperti bangunan tersebut.

Ketua paguyuban Kedhaton Mojopahit Mbah Hadi Yoyok panggilan akrabnya menyampaikan, terkait dengan temuan ini struktur yang diduga situs agar cepat di eskavasi oleh pihak yang terkait karena sudah lewat 1 tahun, kedepannya semoga ini semua akan membawa manfaat bagi warga sekitar sebagai cagar budaya yang nantinya bisa mengangakat perekonomian warga sekitar Desa Kedungbocok.

“Selanjutnya untuk menambah catatan sejarah bahwa sebenarnya yang ada di daerah kecamatan Tarik khususnya Desa Kedungbocok adalah daerah penting bagi Majapahit wiwitan yang dipimpin oleh Raden Wijaya, sebagai awal perjuangan mendirikan kerajaan Majapahit yaitu alase wong tarik,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Kades Kedungbocok H. Moh Ridho menambahkan, kita sebagai wakil Pemerintah Desa Kedungbocok berharap sangat untuk diketahui masyarakat bahwa di Desa Kedungbocok ada Temuan situs cikal bakal Kerajaan Mojopahit, itu akan menghimbau kepada Pemerintah Daerah, baik Propinsi maupun Pemerintah Pusat untuk kebijakan merealisasikan gimana caranya temuan situs cikal bakal Kerajaan Mojopahit bisa berkembang.

“Harapan kami bisa menjadikan Wisata Edukasi di Desa Kedungbocok, karena ini adalah suatu aset negara yang letaknya di Desa Kedungbocok,” Ujarnya kepada media.(stya/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments