Sabtu, April 27, 2024
BerandaIndexHeadlineWarga Dusun Gapuro Temukan Sumur Kuno Pada Galian Drainase

Warga Dusun Gapuro Temukan Sumur Kuno Pada Galian Drainase

MOJOKERTO, xtimenews.com – Warga Dusun Gapuro Desa Mojojajar Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto menemukan sebuah fragmen sumur kuno pada galian yang rencananya akan di buat drainase saluran air warga. Sumur kuno ditemukan pada kedalaman tanah kurang lebih 1 meter.

Sumur ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang bernama Waris(69) warga Dusun Gapuro. Saat itu, dirinya mengaku berawal dari adanya penggalian drainase untuk saluran air kemudian dirinya melihat ada tumpukan bata, merasa penasaran dirinya memanggil warga lain untuk menggali lagi dan ternyata ada sebuah sumur kuno.

“Penggalian menggunakan alat berat pada tanggal 25 waktu natal, lalu dilanjutkan pada tangga 1 januari kemudian ketemu lah ini,” katanya pada jurnalis xtimenews.com, Kamis (03/01/2019).

Waris juga mengatakan dulunya adalah sebuah barongan kemudian akan di buat drainase untuk saluran air warga karena sering terjdi banjir di desanya.

“Ukurannya lingkaran dalamnya 65 cm kemudian lingkaran luar 90 cm, itu sudah saya ukur, kalo kedalamannya saya ngak tau,” ungkapnya.

Pihak Kecamatan Kemlagi saat lihat lokasi ditemukannya sumur kuno

Menurut Waris jenis batu bata nya ada yang trafesium ada yang jajaran genjang beda dengan yang ada di candi-candi.

“Mungkin sudah di laporkan sama kepala dusun pada pihak yang berwenang, karena kemarin banyak yang datang kesini, dari TNI dan pihak Kecamatan,” ucapnya.(den/ron/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments