Minggu, Maret 3, 2024
BerandaIndexHeadlineTerus Pastikan Kamtibmas Yang Kondusif, Polres Mojokerto Kota Gelar Patroli Gabungan

Terus Pastikan Kamtibmas Yang Kondusif, Polres Mojokerto Kota Gelar Patroli Gabungan

Polres Mojokerto Kota terus berikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh warga masyarakat dengan menggelar patroli gabungan, guna mencegah terjadinya tindak kriminal.

MOJOKERTO, xtimenews.com – Demi menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, Polres Mojokerto Kota terus melaksanakan kegiatan-kegiatan prefentif. Seperti saat ini digelar patroli gabungan antara TNI, Polri dan Pemerintah Kota Mojokerto.

Dalam patroli gabungan ini diawali dengan apel pasukan yang dilaksanakan di Halaman Polres Mojokerto Kota, Jalan Bhayangkara no 25, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (29/12/2018). Dipimpin langsung oleh Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setiyono, SH, SIK, M.Sc. Eng dan diikuti kurang lebih 100 personil yang terdiri dari jajaran kepolisian, Kodim 0815, Dinas perhubungan Kota Mojokerto dan Satpol PP Kota Mojokerto

Pada sambutan saat apel pasukan, Kapolres Mojokerto Kota menyampaikan apresiasinya atas sinergitas yang terbangun antara TNI, Polri dan pemerintah. Sasaran operasi kali ini dititik beratkan pada pencegahan dalam menghadapi event-event seperti perayaan Natal dan pergantian tahun baru.

“Yang perlu kita antisipasi paling utama ialah ancaman terorisme kemudian narkoba, miras dan kemacetan. Juga tindak pidana seperti curas, curanmor, perkelahian dan lain sebagainya,” kata Sigit, panggilan akrab Kapolres Mojokerto Kota.

Masih kata Sigit, agar kegiatan semakin baik maka setiap kegiatan harus dievaluasi dan hasil evaluasi akan ditindaklanjuti untuk dasar kegiatan selanjutnya. Tindakan kriminal tidak muncul secara kebetulan namun diawali dari hal-hal kecil yang terindikasi tidak baik hingga akhirnya muncul ancaman nyata.

Seluruh peserta patroli gabungan saat melaksanaan apel

“Kegiatan patroli ini gunanya untuk menyikapi dan mengantisipasi gejala-gejala ancaman tersebut. Misalkan terdapat kerumunan massa yang tidak jelas atau anak-anak muda dengan sepeda motor yang tidak standart adalah gejala dan harus kita beri sentuhan pendekatan dan pencegahan,” paparnya.

Oleh karenanya, lanjut Sigit, situasi kamtibmas yang kondusif tidak terwujud begitu saja melainkan dari upaya-upaya pencegahan yang harus kita lakukan seperti operasi patroli gabungan saat ini. Mudah-mudahan dengan sinergitas yang terbangun selama ini bisa mewujudkan situasi aman dan kondusif bagi seluruh warga masyarakat dan kita semua.

“Pada prinsipnya, selama waktu masih panjang harus kita persiapkan dengan baik dan maksimal. Lebih baik capek sekarang daripada besok akan mendapatkan kerepotan yang membuat situasi menjadi tidak aman dan nyaman,” pungkasnya.

Dalam patroli kali ini, personil yang diturunkan dibagi menjadi tiga. Kelompok pertama menyisir wilayah Kecamatan Gedeg, kelompok kedua menyisir wilayah Kecamatan Jetis dan kelompok ketiga menyisir wilayah Kota Mojokerto. (ron)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments