Sabtu, April 27, 2024
BerandaIndexHeadlineDidaulat Jadi Narasumber, H. Irman Jelaskan Hakekat Pembentukan Karakter

Didaulat Jadi Narasumber, H. Irman Jelaskan Hakekat Pembentukan Karakter

SIDRAP, Xtimenews.com – Kepala Kantor Kementerian agama Kab. Sidenreng Rappang, H. Irman, S.Ag,.M.Si Mengatakan bahwa hari ini Anak Kandung dan Anak Susuan berkumpul dalamn satu forum selaku Para Pejuang Pendidik Karakter di Kabupaten Sidenreng Rappang.

Anak kandung Yang dimaksud adalah Guru Madrasah dan Anak Susuan yang dimaksud adalah Guru Pendidikan Agama di Sekolah Umum.

“Sejak kami dilantik anak kandung dan anak Susuan Tidak ada yang saya beda bedakan semuanya adalah anak dari Kementerian Agama.

Hal tersebut di sampaikan H. Irman Pada Kegiatan Seminar Nasional “ panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter” yang di adakan oleh Kementerian Agama Kabupaten sidenreng Rappang bekerjasama dengan Penerbit Erlangga dengan didaulatnya Kakan Kemenag Sidrap Sebagai Narasumber bersama Penulis Buku PIPPK bertempat di Aula Kantor SKPD Kab. Sidrap. Sabtu (6/04/2019)

Adapun Peserta dari Kegiatan menurut laporan Ketua Panitia (Masrurah Said) terdiri dari Guru PAI Sebanyak 150 Sertifikasi dan Guru Madrasah Sebanyak 117 semua tingkatan , Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah unntuk menguatkan peran para Guru Agama Islam dan Guru Madrasah Sebagai Pendidik dan pembentuk Karakter Anak Didik dalam menepis Gejala dan penyakit moral yang telah merusak sendi sendi Generasi muda kita.

Lebih jauh Kakan Kemenag menambahkan bahwa Pembentukan karakter sudah adaa pada diri manusia sejak lahir, Karakter hakekatnya berbicara mengenai keyakinan yang memerlukan sentuhan halus dalam mengubahnya, selain itu Pembentukan karaakter juga harus melawan perilaku yang telah membudaya pada diri anak didik.
“jadi pembentukan karakter harus dimulai pada Usia dini peserta didik serta dimulai dari hal yang terkecil dari keseharian dan lingkungan yang dialami,” ujarnya

Mantan Kasi PD Pontren itu juga menambahkan bahwa sebelum merubah karakter peserta didik, sebelumnya para Pendidik harus juga menanamkan karakter yang baik, “ bagaimana menjadikan peserta didiknya berkarakter kalau gurunya sendiri belum berkarakter,” ungkapnya dihadapan para Guri PAI dan Guru Madrasah.

“Sejak diberi amanah saya selaku Kepala Kantor Kemenag telah mencanangkan Program CBI kepada Guru dan Siswa, Cerdas dalam arti tidak dibodoh bodohi, Berkarakter tidak membodoh bodohi dan Inovatif tidak bermasa bodoh,” tegasnya

Diketahui Acara Tersebut dibuka oleh Bupati Sidrap yang diwakili oleh Asistant 1, Turut Hadir Kepala Disdikbud Kab. Sidrap, Kasi Penmad dan Pais Kemenag Sidrap, Para Pengawas Pendais, Para Kepala Madrasah dan seluruh Guru Pai dan Madrasah Se – Kab. Sidrap.(Dar/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments