Jumat, Juni 14, 2024
BerandaIndexHeadlinePangdam V/Brawijaya dan Gubernur Jatim Resmikan Program Rutilahu Di Wilayah Kodim 0815/Mojokerto

Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Jatim Resmikan Program Rutilahu Di Wilayah Kodim 0815/Mojokerto

Mojokerto, Xtimenews. com – Program Bakti TNI Renovasi Rumah Tinggal Layah Huni (Rutilahu) dan Jambanisasi Tahun 2023 secara resmi ditutup oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., dan Gubernur Jawa Timur Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., yang diwakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, I Nyoman Gunadi, S.T., M.T.

Peresmian secara terpusat ini berlangsung di rumah Pak Kaswi, salah satu warga penerima bantuan Program Rutilahu Kerja Sama Kodam V/Brawijaya dan Pemprov Jatim di Dusun Wonokerto, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (07/09/2023).

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI FArid Makruf, M.A., mengatakan, program yang merupakan bantuan Gubernur Jatim Kerja Sama Kodam V/Brawijaya dan Pemprov Jatim ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan kehidupan yang lebih baik dan sehat.

“TNI senantiasa membantu dan mendukung masyarakat dan selalu berada di tengah-tengah masyarakat dalam mengatasi kesulitan”, terang Pangdam.

Dalam kesempatan itu, Pangdam V/Brawijaya juga menjelaskan Program Rutilahu dan Jambanisasi secara tekhnis dilaksanakan melalui survei oleh para Babinsa dibantu Kepala Desa dan perangkat, prioritasnya kondisi rumah masyarakat yang tidak layak huni, sehingga program dapat berjalan tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan.

Program Rutilahu dan Jambanisasi yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Kodim Jajaran Kodam V/Brawijaya mendapatkan hasil yang dapat kita banggakan. TNI Manunggal Membangun dengan Rakyat dan TNI selalu hadir ditengah tengah Rakyat. “Hasil Rutilahu dan Jambanisasi ini agar dijaga dan budaya hidup sehat menjadi lebih baik”, pungkas Pangdam.

Sementara itu, Gubernur Jatim dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, I Nyoman Gunadi, S.T., M.T., mengungkapkan, Pemprov Jawa Timur ikut bertanggung jawab dalam program Renovasi Rutilahu dan Jambanisasi demi kelayakan hidup masyarakat Jaawa Timur. “Pemprov Jatim memfasilitasi program renovasi kelayakan rumah bagi masyarakat, namun masih banyak masyarakat yang belum memiliki rumah layak huni”, terangnya.

Ia melanjutkan, pada Tahun 2009 Pemprov Jatim sudah melaksanakan kerja sama program Renovasi Rutilahu dan Jambanisasi dengan Kodam V/Brawijaya. “Kerja sama Ini merupakan kolaborasi Pemerintah, TNI dan masyarakat dalam renovasi Rutilahu dan Jambanisasi di wilayah Provinsi Jawa Timur, tentunya memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Jawa Timur demi kelayakan hidup yang sehat”, ujarnya.

Diawal acara, Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati, M.Si., dalam sambutannya diantaranya, bahwa Pemkab Mojokerto mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam program Renovasi Rutilahu dan Jambanisasi di wilayah Kabupaten Mojokerto. Untuk Program Jambanisasi Pemkab Mojokerto sudah menyelesaikan 5000 Jamban di wilayah Kabupaten Mojokerto. Renovasi Rutilahu Bantuan Gubernur Jatim Kerja Sama Kodam V/Brawijaya dan Pemprov Jatim di wilayah Kabupaten Mojokerto ada 165 unit. Di luar bantuan Gubernur Jatim, pada tahun ini Pemkab juga melaksanakan renovasi Rutilahu dengan sasaran 81 unit rumah.

Selain Para PJU Kodam V/Brawijaya, Ketua Persit KCK PD V/Brawijaya beserta Pengurus, turut serta mendampingi Pangdam V/Brawijaya pada kegiatan ini, Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Sugiyono, S.Sos., M.Si., Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo, S.H., M.M., Danrem 083/BJ Kolonel Inf Jamaluddin, S.H., Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., beserta Forkopimda Kabupaten Mojokerto.

Tampak hadir, Kepala Bapedda dan Kepala BPKAD Provinsi Jatim, Ka OPD terkait di lingkup Pemkab Mojokerto, Forkopimcam Pacet, Pengasuh Ponpes Salafiyah Fatchul Ulum Pacet KH. Muslichudin Abbas, S.H., dan Kades Warugunung Agus Sudarmaji serta undangan lainnya. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments