Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexKesehatanLaju Kasus Baru Covid-19 di Kota Mojokerto Terus Melonjak

Laju Kasus Baru Covid-19 di Kota Mojokerto Terus Melonjak

MOJOKERTO, Xtimenews com – Laju kasus baru Covid-19 terus melonjak di Kota Mojokerto. Hingga saat ini Gugus Tugas Covid-19 mencatat kasus terkonfirmasi Covid-19 di Lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon mencapai 47 orang.

“Hasil tracing hingga malam kemarin sampai sekarang dari baik dari Sidomulyo gang 4 sampai gang 3 sudah mentracing 91 orang. Jumlah yang sudah diketahui positif hingga tadi malam 47 orang, diluar itu negatif,” kata Person In Charge (PIC) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Rabu 16 Juni 2021.

Jumlah 47 orang yang diketahui positif Covid-19 itu, 41 orang berdasarkan hasil swab Polymerase Chain Reaction (PCR). Sementara 6 orang dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan hasil rapid tes antigen.

“Hari ini 6 orang itu (positif bedasarkan hasil rapid tes antigen) akan dilakukan swab PCR untuk memastikan,” ujar Gaguk.

Mereka yang menjalani tes swab PCR maupun rapid tes antigen tersebut terdeteksi memiliki riwayat kontak erat dengan 3 orang meninggal dunia positif Covid-19 dan 5 warga setempat yang terkonfirmasi Covid-19 yang saat ini tengah menjalani perawatan di rumah observasi Rusunawa Cinde. Sebanyak 91 orang yang sudah di tracing itu sebagian besar adalah warga Lingkungan Sidomulyo gang 4.

“Jadi sebagian besar 91 orang itu dari tracing di gang 4, ada 5 orang yang dinyatakan positif itu,” terangnya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto, mendata lima orang dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu, 13 Juni 2021. Mereka terdeteksi memiliki riwayat kontak erat dengan 3 orang meninggal positif Covid-19.

“Tanggal 11 Juni 2021, ada warga meninggal positif Covid-19 di gang 3. Selanjutnya tanggal 12 dan 15 Juni ada warga meninggal positif Covid-19 di Sidomulyo gang 4,” ungkapnya.

Penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Sidomulyo itu begitu singkat. Saat ini tim gugus tugas Covid-19 sedang mencari sumber yang membuat penyebaran begitu cepat.

“Ini yang perlu dianalisis cukup jauh (penyebaran) apakah dalam waktu singkat ada kegiatan yang menimbulkan berkumpul banyak orang. Atau kah memang lingkungan yang padat,” tegas Gaguk.

Gaguk belum bisa memastikan apakah virus Covid-19 yang menyerang puluhan warga Lingkungan Sidomulyo itu adalah virus jenis baru. Pihaknya masih menunggu hasil analisis dari tim gugus tugas Covid-19. “Menunggu hasil analisis apa yang menyebabkan penyebaran begitu cepat, apakah ada jenis virus yang lain atau bagaimana,” ucapnya.

Pantauan di lokasi, Lingkungan Sidomulyo gang 4 Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto masih dijaga ketat oleh petugas. Pintu masuk gang ditutup dengan pagar besi. Tim tracing Satgas Covid-19 Kota Mojokerto juga masih melakukan tracing di lokasi.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments