Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaIndexHeadlineGubernur Jawa Timur Hadiri Penyerahan BLT dan Sembako di Waru, Sidoarjo

Gubernur Jawa Timur Hadiri Penyerahan BLT dan Sembako di Waru, Sidoarjo

SIDOARJO, Xtimenews.com – Sebanyak 134 warga Desa Berbek, Kecamatan Waru, Sidoarjo menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan paket sembako dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Selain Gubernur Jatim pembagian BLT yang berada di Balai Desa Berbek tersebut juga dihadiri oleh Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin bersama Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji. Minggu (17/5/2020).

Sesuai arahan presiden penyaluran BLT tahap pertama harus diselesaikan sebelum lebaran agar warga segera memanfaatkan dana tersebut.

Dalam kesempatan ini, Khofifah mengajak warga yang hadir dibalai desa untuk menjaga kesehatan dan lebih fokus beribadah di bulan ramadhan.

“Karena jika kita melakukan ibadah hati akan tenang maka daya tahan tubuh meningkat,” ucap Khofifah.

Setelah pembagian, Khofifah menyampaikan tentang kampung tangguh yang pernah ia kunjungi di daerah Kota Malang. Gubernur Jatim ini berharap agar konsep tersebut bisa diadopsi di Kabupaten Sidoarjo.

“Di kampung tangguh ada fasilitas umum seperti lumbung pangan yang bisa dinikmati secara gratis oleh warga dan dikoordinir oleh relawan desa,” terangnya.

Selain lumbung pangan ada yang lebih menarik dari kampung tangguh yakni adanya pojok curhat untuk memfasilitasi warga yang terdampak Covid-19 sekaligus dilakukan pembinaan secara mental oleh ahli psikologis dari Universitas Brawijaya, Malang.

“Mungkin ada warga yang terkena PHK sehingga terdampak ekonominya, maka adanya pojok curhat bisa membantu menerima keluhan warga”, jelas Khofifah.

“Pemprov Jatim bersama Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya berencana akan mereplikasi kampung tangguh di Malang untuk diterapkan di wilayah Surabaya Raya,” tandasnya.(vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments