Kamis, Mei 2, 2024
BerandaIndexHeadlineTidak Sesuai SOP, Ribuan Masker di Amankan Polisi

Tidak Sesuai SOP, Ribuan Masker di Amankan Polisi

SIDOARJO, Xtimenews.com – Sebuah gudang yang berada di kawasan industri pergudangan Safe & Lock Rangkah, Sidoarjo blok B 2338 di gerebek polisi. Senin (9/3/2020).

Berdasarkan keterangan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji gudang tersebut melakukan re-packing masker dengan cara yang tidak sesuai SOP yaitu dengan cara memasang tali sendiri yang diduga tidak memenuhi standar kesehatan. Dan mengemas ulang dengan kemasan yang lebih kecil.

“Gudang ini melakukan re-packing yang tidak sesuai SOP. Harus memenuhi ketentuan/aturan. Harus ada izinnya, harus memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan,” ucap Kapolres.

Gudang ini beroperasi selama dua tahun. Puluhan ribu box masker tersebut diimport dari China mulai tahun 2018. Barang itu dikirim langsung ke pergudangan safe n lock dengan nilai impor Rp 250 juta.

Polisi berhasil mengamankan 39.234 box masker bersama pemilik gudang berinisial DS, warga Margorejo, Surabaya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Caption 2: ribuan box masker berhasil disita polisi

Akibat perbuatanya, tersangka diancam pasal berlapis yakni, pasal 196 UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 UU No. 8 tahun 1999 tentang perdagangan dan pasal 106 UU No. 7 tahun 2014 tentang perlindungan konsumen.

“Akibat perbuatanya DS, diancaman dengan pasal berlapis tentang kesehatan, perdagangan dan perlindungan konsumen. Dengan hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 1 Miliar,” tutup Kapolres. (vin/den/gan/)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments