Minggu, Mei 19, 2024
BerandaIndexHeadlineWNA Asal India Diisolasi di RSUD Soekandar Mojokerto, Ini Hasilnya

WNA Asal India Diisolasi di RSUD Soekandar Mojokerto, Ini Hasilnya

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal India dirawat di ruang isolasi RSUD Prof Dr Soekandar, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Pria berusia 45 tahun ini datang ke rumah sakit karena takut terjangkit virus suspect corona atau COVID 19.

Direktur RSUD Prof Dr Soekandar dr Djalu Naskutub mengatakan, pasien itu berstatus WNA india, ia datang ke rumah sakit pada Rabu (4/3) sore. Saat datang ke rumah sakit, dia mengeluh batuk dan pilek.

“Sebetulnya diagnosanya pneumonia atau radang paru-paru. Karena dia 14 hari lalu kontak dengan WNA dari India di Mojokerto, kami observasi di ruangan isolasi,” kata dr Djalu, Kamis (5/3/2020).

Pasien tersebut adalah WNA dari India yang tinggal di Kecamatan Ngoro, Mojokerto untuk berbisnis. Sekitar 14 hari lalu, pasien bertemu dengan bosnya di Mojokerto untuk urusan bisnis.

“Bosnya itu juga WNA dari India. Sebelum datang ke Mojokerto, bos pasien ini sempat mampir ke Malaysia dan Singapura,” jelasnya.

Sementara, kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr Langit Kresna Janitra mengaku telah mengecek pasien tersebut di RSUD Prof Dr Soekandar.

Kata langit, pasien mengeluh batuk, pilek, demam dan sedikit sesak nafas. Akibat sakit yang dideritanya pasien pun memilih berobat ke RSUD Prof Dr Soekandar yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk pasien corona di Jatim.

“Pasien datang sendiri ke UGD RSUD Prof Dr Soekandar kemarin (4/3) sekitar pukul 18.00 WIB dengan keluhan itu. Dia khawatir terjangkit corona, makanya datang ke rumah sakit,” jelasnya.

Oleh petugas medis, pasien langsung dibawa ke ruang isolasi. Menurut dr Langit, pasien diberi pengobatan, pemeriksaan foto toraks dan pemeriksaan fisik. Petugas medis yang merawatnya memakai baju khusus agar aman.

“Hasil foto toraks paru-paru pasien bersih. Kalau corona ada kantung-kantung udara kecil di paru-parunya. Dalam foto toraks jika corona akan nampak bintik-bintik kecil pada paru-paru,” ungkapnya.

Untuk sementara, dr Langit memastikan WNA asal India itu negatif corona. Status pasien saat ini sebagai Orang dalam Pemantauan. Namun agar lebih meyakinkan lagi, hari ini pasien kembali menjalani foto toraks. Jika paru-parunya bersih, maka pasien akan diizinkan pulang.

“Saat ini pasien masih di ruang isolasi. Kondisinya membaik. Keluhannya hanya batu pilek saja, sudah tidak sesak nafas,” ujarnya.

Selain WNA India, Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto juga sempat memantau 3 mahasiswa yang pulang dari China sekitar sebulan yang lalu.

“Kondisi terkini tiga mahasiswa itu sudah lepas dari pemantauan. Karena sudah sehat dan bugar,” tandas dr Langit.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments