Minggu, Mei 5, 2024
BerandaIndexHeadlineHujan Deras Sebabkan Banjir dan Tanah Longsor di Pacet Mojokerto

Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Tanah Longsor di Pacet Mojokerto

.

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir dan tanah longsor di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jumat (7/2/2020).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menerima informasi adanya kejadian bencana alam tanah longsor dan banjir di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menjelaskan, bedasarkan pantauan satelit citra radar BMKG dan SIMONA diwilayah hulu kabupaten Mojokerto telah diguyur hujan intensitas lebat disertai angin yang berhembus cukup kencang sesaat dengan durasi selama kurang lebih 3 – 4 jam, sehingga menyebabkan debit air di beberapa titik sungai meningkat dan menyebabkan luapan air sungai dipemukiman dan dijalan.

“Peningkatan debit air terjadi di Sungai Kromong Pacet yang menyebabkan beberapa pemukiman dan jalan terendam air yang mengalir cukup deras,” ujarnya.

Banjir di Desa Sumberjati kecamatan Jatirejo

Selain itu, lanjut Zaini, terjadi tanah longsor di daerah Claket menuju ke arah Kecamatan Trawas.

“Lonsor di Dusun Mligi Desa Claket Kecamatan Pacet, longosoran berupa material tanah dan bebatuan dengan panjang kurang lebih 15 meter,” jelasnya.

Data yang diperoleh Xtimenews.com akibat hujan intensitas lebat disertai angin yang berhembus cukup kencang sesaat dengan durasi selama kurang lebih 3 – 4 jam membuat beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto mengalami bencana banjir dan pohon tumbang.

Berikut data wilayah yang terjadi bencana di Kabupaten Mojokerto, Jawa timur yang terjadi pada Jumat (07/02/2020).

  • Lokasi Terdampak :
  1. Dusun Mligi Desa Claket Kecamatan Pacet (Longsor) Longosoran berupa material tanah dan bebatuan dengan panjang kurang lebih 15 meter.
  2. Ponpes Amanatul Ummah Desa Kembang Belor Kecamatan Pacet terjadi banjir hingga masuk ke dalam dapur dan halaman Ponpes. (Untuk Luapan air sudah surut).
  3. Desa Sumberjati Kecamatan Jatirejo Banjir bandang namun tidak membawa material. (Untuk Luapan air sudah surut).
  4. Jalan Gajahmada Kecamatan Mojoasari depan Klenteng ( Pohon Tumbang ) Untuk pohon yang menutupi akses jalan raya sudah berhasil dievakuasi.
  5. Desa Jabon Tegal Kecamatan Pungging banjir luapan. Untuk banjir masih mengenangi pemukiman warga dengan ketinggian air dijalan ± 20 – 30 cm.
  6. Jalan Raya Desa Lebaksono Kecamatan Pungging, pohon tumbang, untuk pohon yang menutupi akses jalan raya sudah berhasil dievakuasi.

Saat ini tim TRC BPBD Kabupaten Mojokerto, bersama potensi Relawan melakukan proses evakuasi pohon beserta material longsoran yang menutupi akses jalan.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments