Kamis, Februari 29, 2024
BerandaIndexHeadlineKebakaran Lereng Gunung Welirang Meluas, Rusa dan Kera Jawa Terancam Punah

Kebakaran Lereng Gunung Welirang Meluas, Rusa dan Kera Jawa Terancam Punah

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Kebakaran melanda hutan di lereng gunung welirang Kecamatan Pacet, Mojokerto semakin meluas. Akibatnya hewan langka seperti Rusa, ayam hutan dan Kera Jawa terancam punah.

Saat pemadaman petugas pemadam kebakaran menemukan kerangka binatang yang masuk kategori satwa langka.

Kebakaran hutan itu terjadi sejak Minggu (29/09) lalu, titik api berasal dari Patokwesi Lambungrejo Kecamatan Prigen, Pasuruan. Akibat kencangnya hembusan angin membuat api semakin membesar dan merembet ke wilayah Mojokerto pada Selasa (01/10).

Kepala BPBD kabupaten Mojokerto, M. Zaini mengatakan, kebakaran ini masuk ke wilayah Mojokerto sejak Selasa malam yang terlihat ada 6 titik api.

“Hingga Rabu kemarin siang dari 6 titik api menjadi 2 titik,” kata Zaini saat ditemui wartawan di kantor BPBD kabupaten Mojokerto, Kamis (03/10/2019).

Masih kata Zaini, api sulit dipadamkan akibat hembusan angin yang begitu kencang sehingga tim penjinak api yang dibantu oleh relawan harus bekerja ekstra keras dan melakukan upaya seperti membuat sekat menggunakan tanah agar api tidak meluas.

“Siang ini petugas yang dibantu relawan akan melakukan upaya pemadaman lagi. Kita kerahkan tim untuk menjinakkan api,” tuturnya.

Zaini menambahkan, jika kebakaran itu tidak segera diatasi dikawatirkan habitat lingkungan hewan yang dilindungi akan punah.

“Yang dikawatirkan hewan yang dilindungi akan punah seperti kera jawa, rusa dan hewan lainnya akan kesulitan mencari tempat berlindung kalau tidak kita atasi secepat mungkin,” tandanya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments