Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKapolda Sulteng Shalat Idul Adha di Halaman Mapolda Sulteng Bersama Masyarakat

Kapolda Sulteng Shalat Idul Adha di Halaman Mapolda Sulteng Bersama Masyarakat

KOTA PALU, Xtimenews.com – Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1440 H, pada Minggu pagi tanggal 10 Dzulhijjah 1440 H atau 11 Agustus 2019, digelar halaman apel Polda Sulteng dengan tema “dengan nilai ibadah qurban, kita tanamkan semangat dan ketulusan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara”.

Dalam acara shalat Idul Adha 1440 H tersebut, hadir Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto, Waka Polda Sulteng Kombes Pol. Setyo Boedi Moempoeni Harso, Irwasda Polda Sulteng Kombes Pol. Aries Sarief Hidayat, para pejabat utama Polda Sulteng, para perwira dan bintara, bersama keluarga, membaur dengan warga masyarakat sekitarnya. Bertindak sebagai Khotib Dr. H. Muhtadin Dg. Mustafa, MHI, dosen IAIN Palu, serta imam Muhammad Hidayatullah.

Menurut Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto, semenjak usai sholat Shubuh, di Polda Sulteng ditempat pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H, jalan Samratulangi Kota Palu, berkumandang takbir dan tahmid mengagungkan kebesaran asma Allah swt.

Selanjutnya, para jamaah shalat Idul Adha, baik anggota Polri jajaran Polda Sulteng bersama keluarga maupun warga masyarakat sekitar mulai datang berduyun-duyun, memadati tempat pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha 1440 H.

Khotib Dr. H. Muhtadin Dg. Mustafa, dalam khutbahnya yang mengambil judul “makna pengabdian dan refleksi kemerdekaan Indonesia”, antara lain mengatakan, pelaksanaan qurban yang merupakan refleksi peristiwa pengalaman spiritual yang dialami keluarga Nabi Ibrahim as tersebut, hendaknya tidak hanya di pahami dari aspek sejarah ritualnya semata tetapi sekaligus mengandung simbol pesan-pesan moral kemanusiaan yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selesai pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H, yang ditandai dengan jabatan tangan, dan saling bermaaf-maafan, dilanjutkan dengan penyembelian hewan qurban.

Untuk tahun ini, Polda Sulteng bersama Polres jajaran, menyembeli hewan qurban sebanyak 185 ekor terdiri dari 135 ekor sapi dan 50 ekor kambing. “Alhamdulillah, tahun ini Polda Sulteng dan Polres jajaran menyembeli hewan qurban sebanyak 185 ekor, diantaranya hewan qurban dari Kapolda dan Wakapolda Sulteng,” kata Kabidhumas Polda Sulteng.(HM. Basri/Sugeng/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments