Senin, Juli 22, 2024
BerandaPemerintahanDinas Sosial Kota Batu Telah Menyerahkan Bantuan Insentif Lansia Dalam program Pemberdayaan...

Dinas Sosial Kota Batu Telah Menyerahkan Bantuan Insentif Lansia Dalam program Pemberdayaan Tahun 2019

KOTA BATU, Xtimenews.com – Dinas Sosial Kota Batu telah melakukan penyerahan insentif kepada lanjut usia yang berasal dari 9 desa, sekecamatan Bumiaji, Kota Batu, di ruang Rakyat Desa Pandanrejo, Kota Batu, senin (22/7/19). Dari 285 lansia yang mendapatkan insentif dalam program pemberdayaan lansia tahun 2019 ini, secara simbolis telah diserahkan langsung oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Dalam kesempatan ini, Dewanti Rumpoko juga menyarankan bagi penerima bantuan, agar bantuan itu dapat dipergunakan dengan baik. Ia juga menghimbau bahwa program pemberian insentif terhadap lansia, juga untuk menunjang kesehatan masyarakat seperti pemenuhan makanan bergizi dan vitamin bagi lanjut usia.

Dalam laporan Kepala Dinas sosial Ririk Mashuri saat penyerahan insentif , dijelaskan ada 1036 warga yang tersebar di 3 Kecamatan se-Kota Batu yang diberikan insentif dalam program kegiatan pemberdayaan tersebut. Masing masing lansia mendapatkan insentif tunai setiap bulannya senilai Rp 500 ribu. Itu diberikan setiap enam bulan sekali, dengan besaran rupiah senilai Rp 3 juta.

“ Kegiatan penyerahan insentif ini, bertujuan untuk mengurangi beban kesulitan hidup dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Pada penyerahan ini sejumlah 145 orang, dan sisanya akan diberikan langsung ke alamat penerima,” terang Ririk Mashuri.
Sementara, Kepala Desa Pandanrejo, Abdul Manan mengaku dalam kegiatan ini hanya sebatas memfasilitasi tempat saja. Dan terdapat 150 0rang penerima insentif dari warga 9 desa, sekecamatan Bumiaji. Selain itu, didesanya sudah sesuai dengan program tersebut.

Caption : Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko hadir langsung dalam acara penyerahan insentif lansia.

“ lansia dan warga yang layak dibantu cukup banyak. Makanya, yang tidak bisa hadir diwakili perangkat desanya. Jadi perangkat desa lah yang bertangung jawab. Semoga tahun depan tidak hanya mendapat bantuan insentif saja. Kalau bisa juga diberikan berupa Jarik atau sarung, dan menjadi lebih baik,” harapnya.

Lanjut dia, juga dijelaskan bahwa terdapat fariasi bantuan insentif diantaranya ada yang mendapatkan 2 juta dan ada yang mendapatkan tiga juta.

“Fariasi nilai itu dikarenakan ada kategori lansia dan ada kategori terlantar. Dan jumlah nilai tersebut dalam kurun waktu setahun,” imbuhnya.

Selain dihadiri langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dalam giat ini juga tampak dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Batu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Camat Bumiaji, Kepala Desa Pandanrejo dan Perwakilan Danramil serta Polsek Bumiaji. (im/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments