Selasa, Juni 25, 2024
BerandaIndexPeristiwaBanner Bertuliskan 'Ya Allah Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini' Untuk...

Banner Bertuliskan ‘Ya Allah Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini’ Untuk Memberikan Efek Jera.

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Sebuah Banner yang bertuliskan “Ya Allah… Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini..!!! Amin.!!! yang ada di Dusun Tani Nelayan RT 01 RW 01, Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Warga hanya ingin memberikan efek jera kepada orang yang tidak bertanggungjawab yang suka membuang sampah sembarangan.

Banner itu dipasang pada sebuah pagar sepanjang kurang lebih 250 meter menggunakan kayu dan ditutup dengan spanduk.

Syaiful Anam, Kepala Dusun Tani Nelayan mengatakan, spanduk itu dipasang pada Selasa (9/7/2019) sekitar pukul 21.00 Wib bersama perangkat desa, kader pecinta lingkungan Sedati, Polsek Sedati dan warga.

“Ya karena lahan kosong itu dijadikan pembuangan sampah liar oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Waktu dipasang melibatkan polisi dan warga. Jika tidak dipasang seperti itu banyak orang buang sampah disana,” kata Syafiul Anam, Selasa (16/7/2019).

Syaiful menjelaskan, selain memasang banner tersebut warga juga menjaga di kawasan tersebut hingga dini hari.

“Sebelum dan sesudah dipasang banner kami secara bergantian selalu menjaga mulai habis isya’ hingga jam 02.00 dini hari bersama warga sekitar,” jelasnya.

Masih kata Anam, banner dengan tulisan ‘Ya Allah… Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini..!!! Amin.!!!’ yang dipasang di tanah kavling itu bertujuan untuk memberikan efek jera.

“Tanah itu sebenarnya tanah kavling milik orang tapi saya tidak tahu orangnya. Harapan saya supaya warga tidak lagi membuang sampah di tanah itu karena menimbulkan bau tidak sedap,” paparnya.

“Efeknya sekarang tidak ada yang buang sampah disana,” lanjutnya.

Sebelum dipasang spanduk, kata Anam, meski dijaga oleh warga sekitar tetap masih ada orang yang buang sampah ditempat itu.

“Dulu sebelum spanduk itu dipasang, ada orang yang ketangkap tangan membuang sampah, ternyata orang itu warga luar Desa Pepe,” jelas Anam.

Sampah-sampah yang dibuang di lahan kosong tersebut berupa sampah rumah tangga seperti sampah bekas masakan, popok, botol minuman dan lainnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments