Minggu, Juni 16, 2024
BerandaIndexPeristiwaDiisukan Ratusan Jama'ah Haji Fiktif, Kepala Kantor Kemenag : Data CJH Yang...

Diisukan Ratusan Jama’ah Haji Fiktif, Kepala Kantor Kemenag : Data CJH Yang Masuk Semua Nyata

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Kepala Kantor Kemenag Mojokerto Barozi, mengelak dengan adanya ratusan jemaah haji fiktif. Menurut dia beredarnya isu tersebut karena telah dimuat di salah satu media lokal.

Barozi menyebut, tidak ada jemaah haji fiktif, data Calon Jama’ah Haji (CJH) semua adalah nyata. Ratusan jemaah haji tersebut hanya pindah tempat.

Dia juga menduga isu jemaah haji fiktif itu muncul dari adanya ratusan jemaah yang tidak melakukan pelunasan BPIH.

“Tidak ada jemaah haji fiktif. Data calon jemaah haji yang masuk ke kami semuanya nyata, dokumennya sah, orangnya juga ada. Akan tetapi mereka tidak melakukan pelunasan dengan berbagai alasan,” kata Barozi saat ditemui di kantor kemanag Kabupaten Mojokerto, Jalan RA Basuni, Rabu (3/7/2019).

Barozi juga menjelaskan, Kabupaten Mojokerto tahun ini memberangkatkan 1.818 jemaah haji. Sedangkan kuota jemaah haji pada tahun ini sebanyak 2.138 jemaah haji. Dari jumlah kuota itu sebanyak 343 calon jemaah haji sampai saat ini tidak melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Jemaah haji yang kami berangkatkan tahun ini 1.818 jemaah. Yang tidak melunasi setelah kami hubungi ada yang sakit, ada yang tunda berangkat, alamatnya pindah. Akan kami hitung ulang pastinya berapa,” terang Barozi.

Menurut Barozi, para jemaah yang akan diberangkatkan tahun ini mendaftar sejak Desember 2010 sampai Maret 2011.

Setelah diverifikasi oleh petugas Kemenag, rupanya ratusan jemaah tersebut telah berpindah tempat tinggal. Kendati begitu, dia memastikan 343 jemaah yang tak melunasi BPIH tak merugikan jemaah yang telah mengantre bertahun-tahun.

“Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sudah mengantisipasi kekosongan kursi dengan skema cadangan. Kuota pasti terpenuhi. Tidak akan merugikan penunggu karena cadangan direkrut dari kursi keberangkatan 2020,” tandasnya.

Sebanyak 1.818 jemaah haji Kabupaten Mojokerto dibagi dalam 6 kelompok penerbangan (Kloter). Kloter 61 dan 62 akan diberangkatkan tanah suci 26 Juli 2019. Disusul kloter 63 dan 64 tanggal 27 Juli 2019. Sedangkan kloter 67 dan 84 diberangkatkan 28 Juli dan 4 Agustus 2019.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments