Rabu, Juli 24, 2024
BerandaIndexHeadlineLimbah B3 Kategori Batubara, Dianggap Bekas Pembakaran Batok Kelapa

Limbah B3 Kategori Batubara, Dianggap Bekas Pembakaran Batok Kelapa

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Gunungan Limbah B3 kategori Batubara jenis Bottom ash dan Fly ash di jalan makam Dusun Kemloko Desa Jotangan, Kecamatan Mojosari, Kabupeten Mojokerto, Plt Camat Mojosari, Faizun SH, menyebut itu adalah bekas pembakaran batok kelapa.

Diberitakan sebelumnya bahwa warga mengetahui ada gunungan limbah B3 kategori Batubara di Wilayah Kecamatan Mojosari Kabupeten Mojokerto, pada hari Jum’at (31/05/2019) sore.

Plt Camat Mojosari, Faizun SH., melalui pesan WhatsApp mengatakan, berdasarkan informasi tumpukan uruk tersebut adalah bekas pembakaran batok kelapa.

Lokasi jalan kampung Dsn. Kemloko Rt 4 Rw. 2 ds. Jotangan tanah milik saudara Fendy hariyanto alamat Dsn. Jotangan Rt. 9 Rw. 5 Ds. Jotangan kec. Mojosari berdasarkan informasi tumpukan uruk tersebut sudah ada sekitar 1 minggu merupakan bekas pembakaran batok kelapa,” tulis PLT Camat Mojosari, Faizun SH., melalui pesan WhatsApp kepada xtimenews.com, Minggu (02/06/2019).

Bahkan dalam pesan WhatsApp tersebut, Faizun juga menuliskan bahwa dirinya sudah meninjau lokasi limbah.

Tolong di klarifikasi boz uda ta cek matur suwon infonya,” tulisnya.

Sedangkan warga setempat yang juga selaku Sekjen Aliansi Air, Gangsar Aji Santoso yang memberikan informasi awal terkait temuan yang diduga limbah tersebut saat dikonfirmasi mengatakan, Plt Camat Mojosari bukan orang limbah dari mana bisa mengetahui jika itu adalah bekas pembakaran batok kelapa.

Dapat disebut limbah batok kelapa jika sudah melewati uji lab yang terakreditasi SNI 17025. Saya sebagai praktisi lingkungan melihat sekilas sudah paham bahwa itu memang limbah Fly Ash dan Bottom Ash. Tetapi masih harus diyakinkan dengan uji lab. Bisa minta nomor plt camat Mojosari mas,” tulis Gangsar Aji Santoso melalui Pesan WhatsApp.

Plt Camat Mojosari, Faizun SH., saat dihubungi oleh Gangsar Aji Santoso melalui pesan WhatsApp, Faizun menuturkan, itu adalah informasi awal jika itu adalah bekas pembakaran batok kelapa dari sumber yang dihubungi.

“Mohon maaf laporanya itu sementara hasilnya. Kalau itu limbah B3 saya sudah perintahkan Polsek untuk turun,” jawabnya.

Dalam pesan WhatsApp, Faizun juga menuliskan bahwa pihaknya akan segera cek ulang ke lokasi.

Nek gitu saya besok segera cek ulang saja, besok saya akan konfirmasi ke DLH, matur suwon mas infonya,” pungkas PLT Camat Mojosari kepada Gangsar Aji Santoso melalui WhatsApp.(team xtimenews)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments