Selasa, Mei 7, 2024
BerandaIndexHeadlinePolres Donggala Peduli Korban Bencana Banjir

Polres Donggala Peduli Korban Bencana Banjir

KOTA PALU, Xtimenews.com – Kawasan kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi beberapa waktu lalu dilanda bencana banjir bandang. Bencana serupa lagi-lagi terjadi dua hari lalu sehingga kondisi kehidupan warga setempat semakin sulit.

Sungai yang melintas di Desa Bangga airnya meluap karena curah hujan yang turun mengguyur kawasan ini cukup tinggi. Akibatnya, kawasan pemukiman penduduk porak-poranda. Ratusan rumah rusak bahkan terseret banjir, tertimbun lumpur, kayu dan bebatuan yang hanyut bersama air bah.

Untuk menyelamatkan diri, warga setempat mengungsi ketempat yang lebih aman. Ada juga yang memilih berlindung ditumah sanak keluarga yang jauh dari tempat bencana.

Untuk meringankan beban warga yang ditimpah musibah bencana banjir bandang di Kecamatan Dolo Selatan ini, sudah banyak pihak yang brrupaya mengulurkan tangan. Tak terkecuali Polres Donggala juga turut memberi bsntuan berupa sembako, air bersih serta kebutuhan lainnya.

Kabagsumda Polres Donggala Kompol H. Abubakar kepada xtimenews.com mengatakan, sesaat setelah terjadinya bencana banjir bandang yang melanda beberapa desa di kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi, Kapolres Donggala AKBP S. Ferdinand Suwarji, langsung berinisiatif dan memprakarsai pemberian bantuan terhadap warga Dolo Selatan. Seluruh personel didorong untuk menyisihkan sebagian rezekinya guna membantu warga yang tertimpa musibah.

“ketika mendengar kabar bahwa beberapa desa di Dolo Selatan tertimpa bencana banjir bandang, pak Kapolres langsung berinisiatif untuk memberi bantuan guna meringankan beban warga yang tertimpa bencana,” kata Kabagsumda.

Menurutnya, seiring dengan prakarsa Kapolres, ternyata seluruh personel jajaran Polres Donggala sepakat sehingga dengan tulus dan ikhlas memberi bantuan.

“pemberian bantuan ala kadarnya ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan jajaran Polres Donggala terhadap sesama yang perlu dibantu saat tertimpa bencsna,” jelasnya.

Selanjutnya, bantuan berupa sembako sebanyak 300 paket, 4 karung beras, makanan siap saji mie goreng, dan pakaian layak pakai diantar labgsung Wakapolres Donggals Kompol H. Abubakar Djafar, guna diserahkan kepada warga Desa Bangga, Balongga, dan Walatana.

“pemberian bantuan kepada warga yang tertimpa bencana bukan baru kali ini dilakukan Polres Donggala karena sebelumnya juga sudah dilakukan terhadap warga lainnya yang juga tertimpa bencana dan memerlukan bantuan,” ujar Abubakar.

Sementara itu, untuk menghilangkan rasa trauma bagi anak-anak korban bencana, anggota Bhayangkari Cabang Donggala yang turut serta dalam penyerahan bantuan tersebut melakukan “trauma healing” kepada anak-anak.

“anak-anak korban bencana perlu diberi bimbingan agar tidak trauma dan dapat segera melupakan tragedi yang melanda pemukimannya,” tandasnya.(bas/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments