Rabu, Juli 24, 2024
BerandaIndexMalam Nuzulul Quran, Ini Pesan Persatuan Neng Ita

Malam Nuzulul Quran, Ini Pesan Persatuan Neng Ita

Xtimenews.com – Pemerintah Kota Mojokerto bersama Kementerian Agama Kota Mojokerto menggelar peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Al Fattah Selasa malam (21/5).

Mengangkat tema ‘Kebersamaan dalam Keberagaman’ (dalam perspektif quran), mengajak seluruh pihak untuk mensyukuri rahmat Allah SWT, sekaligus tetap meningkatkan hubungan silaturahmi, khususnya setelah Pemilu 2019.

Pasca ditetapkannya hasil Pemilu 2019, Walikota Ika Puspitasari meminta agar setiap pihak kembali menjalin hubungan yang harmonis, setelah sedikit tergerus akibat perbedaan pandangan terkait pertarungan di Pilpres. Bahkan, dirinya berharap keputusan KPU mengumumkan hasil pemilu pada Selasa (21/5) dini hari, yang menimbulkan respon berbeda di masyarakat, tetap ditanggapi secara tenang oleh warga Kota Mojokerto.

“Melalui peringatan nuzulul quran ini, hendaknya kita manfaatkan sebagai momentum untuk bersama-sama merenungkan kembali ajaran-ajaran quran. Dengan memperbanyak membaca quran, memahami isinya dan kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ning Ita. Quran mengajarkan dan memberi petunjuk kepada kita tentang toleransi, keadilan, kebaikan, kedamaian, kesejahteraan dan tidak mengajarkan kedzaliman, apalagi kekerasan.

Struktur kemasyarakatan Indonesia adalah masyarakat plural dan beragam. Namun tataran nilai kebersamaan dalam keragaman itu sudah mulai mengalami penyusutan akhir-akhir ini dan bahkan bisa hilang. “Oleh sebab itu, tentu sangat tepat pada momen nuzulul quran tahun ini kita jadikan sebagai semangat memulai langkah baru dalam mengembalikan nilai kebersamaan ditengah hiruk pikuk arus politisasi yang saat ini dapat meresahkan,” kata Ning Ita.

Dalam agenda ini, Walikota Ika Puspitasari didampingi Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria, Sekda Harlistyati, jajaran Forkopimda Mojokerto, seluruh Kepala OPD, dan sejumlah ormas Islam di Mojokerto. (joe/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments