Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaIndexHeadlineDanrem 082/CPYJ, Resmikan Pembangunan Makam Kyai Ageng Ranu Boyo

Danrem 082/CPYJ, Resmikan Pembangunan Makam Kyai Ageng Ranu Boyo

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Pembangunan makam Kyai Ageng Ranu Boyo dan Kyai Ageng Singo Boyo yang terletak di komplek makam umum Dusun Sumber Sari, Desa Kesiman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Rabu (1/5/2019) sore diresmikan oleh Komandan Korem 082/CPYJ, Kolonel Arm Ruly Chandrayadi dengan didampingi tokoh masyarakat setempat, H. Sulthon dan K.H. Muslih Abas.

Kedua makam tersebut merupakan makam sesepuh yang sangat dihormati oleh warga setempat karena beliau berdualah yang membuka dan mengawali untuk tinggal di dusun ini, seperti yang dituturkan oleh Kepala Desa Sumber Sari, H. Yahmad.

Caption : Kedatangan Danrem di makam Kyai Ageng Ranu Boyo dan Kyai Ageng Singo Boyo yang terletak di komplek makam umum Dusun Sumber Sari, Desa Kesiman, Kecamatan Trawas.(foto istimewa/xtimenews (

Pada acara peresmian pembangunan kedua makam ini, orang nomer satu ditubuh Makorem 082/CPYJ didaulat untuk menanda tangani prasasti dengan disaksikan oleh masyarakat dan forum pimpinan kecamatan (Forpimca) Trawas dan perangkat Desa Kesiman.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, seperti juga kepada kedua beliau ini, Kyai Ageng Ranu Boyo dan Kyai Ageng Singo Boyo. Dengan selesainya pembangunan makam yang sangat bagus ini, saya minta untuk dirawat dan dijaga agar tidak rusak,” pinta Danrem dalam sambutannya.

Sebagai rasa syukur atas selesainya pembangunan kedua makam tersebut, masyarakat melaksanakan tasyakuran, dengan potong tumpeng oleh H.Sulthon selaku tokoh masyarakat, untuk diberikan kepada Kolonel Ruly.

Selesai meresmikan makam, Danrem menuju ke Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas untuk meresmikan Waqaf Musholla, Agung Sunan Kali Jogo, yang jaraknya dua kilometer dari lokasi peresmian makam.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments