Selasa, Juni 25, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKetahanan Pangan Koramil 0815/04 Puri Bareng Poktan Tanam Jagung

Ketahanan Pangan Koramil 0815/04 Puri Bareng Poktan Tanam Jagung

Mojokerto,Xtimenews.com – Kodim 0815/Mojokerto terus melakukan upaya nyata dalam merealisasikan ketahanan pangan di wilayah Mojokerto Raya, dengan terus melakukan kolaborasi bersama Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mojokerto.

Kali ini Koramil 0815/04 Puri melaksanakan kegiatan ketahanan pangan tanam jagung yang berlangsung di areal persawahan Poktan Sido Makmur Dususn Bedog, Desa Mlaten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (30/04/2024).

Kegiatan penanaman jagung ini dilaksanakan di atas lahan seluas 5 hektar are (ha) milik Anggota Poktan Sido Makmur. Demikian dikatakan Sertu Yudi Setyanto saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan bersama rekan Babinsa lainnya.

Untuk benih jagung yang ditanam varietas ADV Jago yang diklaim mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya, rendemen tinggi di atas 80%, tahan terhadap penyakit bulai dan busuk batang, stay green, tongkol besar, janggel kecil dan batang yang kokoh serta umur panen sedang antara 100-115 hari setelah masa tanam.

“Kegiatan yang dilakukan diantaranya penyiapan benih, pembuatan lubang dengan gejik, penanaman benih jagung dan penaburan pupuk organik yang terbuat dari bekas bakaran damen dicampur pupuk kandang”, ungkap Sertu Yudi Setyanto.

Sementara itu Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf Nuril Mustofa, pada kesempatan berbeda, mengatakan, kegiatan pendampingan tanam jagung serentak ini dalam upaya penguatan ketahanan pangan di wilayah sesuai yang menjadi salah satu program prioritas TNI dan TNI AD.

Tujuannya untuk mendukung ketahanan pangan nasional termasuk di wilayah Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815/Mojokerto. Koramil 0815/04 Puri terus mensuport para petani dan Poktan dalam dalam pemanfaatan lahan yang ada, sehingga target swasembada atau ketahanan pangan di wilayah Puri dapat tercapai lebih optimal.(Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments