Kamis, Februari 29, 2024
BerandaIndexPeristiwaSebagai Tuan Rumah APEKSI, Kota Surabaya Pamer Keberhasilan

Sebagai Tuan Rumah APEKSI, Kota Surabaya Pamer Keberhasilan

SURABAYA, xtimenws.com – Rakor Komwil IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke 15 yang digelar mulai tanggal 22-24 Maret 2019, dilaksanakan di Kota Surabaya.

Berbagai kegiatan dilaksanakan antara lain penanaman pohon di Taman Harmoni, rapat pleno hingga parade bunga dengan tajuk Surabaya Vaganza, menjadi salah satu rangkaian acara dalam rakor APEKSI kali ini. Sekaligus memperingati hari jadi Kota Surabaya.

Dalam rakor yang dilaksanakan di Convention Hall Hotel JW Marriot, Jalan Embong Malang, Surabaya, Sabtu (23/3/2019), Walikota Surabaya Dr. (HC) Ir. Tri Rismaharini, M.T berkesempatan memamerkan keberhasilan Kota Surabaya.

“Perubahan Kota Surabaya hingga menjadi seperti ini ialah hasil dari kemauan dari  semua elemen. Saya hanya memimpin dan mengarahkan saja,” katanya.

Menurut Risma, sapaan akrab Walikota Surabaya, pada dasarnya persaingan sebenarnya bukan antara Surabaya dengan Jakarta, Bandung dengan semarang dan lain-lain, tetapi persaingan kemajuan kota itu ialah antara Kota-Kota di Indonesia dengan Kota-Kota di negara lain.

Walikota Surabaya saat foto bersama dengan walikota Komwil IV (Narto/xtimenews)

“Jadi pola pikir kita saat ini harus dirubah, apa yang akan kita lakukan harus mempunyai tujuan lebih luas dan lebih komplek dalam menyelesaikan persoalan,” imbuhnya.

Walikota yang beberapa kali terpilih sebagai kepala daerah terbaik dunia juga menyampaikan bahwa penguatan di internal Pemerintah Kota juga menjadi salah satu ujung tombak keberhasilan.

“Program-program yang kita laksanakan selama ini seperti bidang pelayanan sosial, administrasi, kesehatan, pendidikan dan lain-lain, dilaksanakan dengan sepenuhnya oleh ASN,” paparnya

Lanjut Risma, tanpa keseriusan dari ASN maka semua program yang direncanakan tidak akan berjalan dengan baik. Maka kerjasama yang baik antara kepala daerah dan ASN menjadi pondasi yang kuat untuk membangun kota menjadi semakin baik.

Sementara itu, Walikota yang masuk dalam jajaran 100 orang berpengaruh dalam perbaikan kondisi lingkungan ini mengatakan, bahwa lingkungan menjadi titik vital bagi seluruh rangkaian kehidupan.

“Untuk urusan sampah, kita sudah bekerjasama dengan PLN. Dimana sampah yang ada di TPS kita kelola menjadi bahan pembangkit listrik. Kurang lebih sekitar 1,5 ton/hari, tumpukan sampah  kita olah menjadi tenaga listrik,” pungkasnya.

Kegiatan rakor komwil IV APEKSI akan diakhiri dengan parade bunga yang akan mempertontonkan puluhan mobil hias. (Nar/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments