Minggu, Maret 3, 2024
BerandaIndexMengurangi Hama Padi, Petani Di Mojoanyar Tanam Bunga Warna-warni

Mengurangi Hama Padi, Petani Di Mojoanyar Tanam Bunga Warna-warni

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Tanaman bunga berwarna-warni berjejer rapi di tepian sawah Desa Sadar Tengah, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. Beberapa jenis tanaman bunga berwarna-warni itu mulai dari bunga kenikir (Cosmos sulphureus), bunga Matahari, tapak dara dan bunga Kertas. Tanaman bunga ini tumbuh ditanam oleh petani Kelompok Sumber Tani 1 Desa Sadar tengah.

Cara pengendalian hama tanaman padi dengan memanfaatkan tanaman hias ini dikenal dengan sebutan Refugia. Menurut berbagai sumber, refugia merupakan suatu area yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan yang dapat dijadikan habitat alami, menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid.

Ketua Kelompok Sumber Tani 1 Desa Sadar tengah, Suyono menjelaskan, penanaman bunga ini adalah instruksi dari Dinas Pertanian Kab. Mojokerto, Tanaman bunga-bungaan itu ditanam di sepanjang pematang sawah mengelilingi tanaman padi dan sebagainya, tanaman bunga itu bisa mengurangi hama atau wereng yang biasa merusak tanaman padi.

Tampak bunga-bunga yang di tanam petani Desa Sadar tengah disepanjang sisi Persawahan.(Deni Lukmantara/xtimenews)

“Bunga-bunga itukan disukai sama Tawon, kalau ada hama datang, akan dimangsa oleh Tawon itu,” kata Suyono.

Suyono juga menegaskan, Bunga-bunga ini ditanam sekitar satu tahun yang lalu, dengan cara ini hasil dari panen meningkatkan dibandingkan dengan sebelumnya. “Hasilnya cukup memuaskan, panen kemarin meningkat sekitar 40% dibanding tahun sebelumnya,” ucapnya.

Menurutnya, tanaman bunga itu tidak hanya untuk mengusir hama dan wereng saja, tetapi juga menarik perhatian masyarakat. “Ternyata bunga itu juga buat foto-foto sama anak-anak, bahkan orang dewasa, karena cukup menarik juga,” ujarnya.

Untuk anggaran mulai dari pembelian bibit sampai perawatan dianggarkan dari Dinas Pertanian. “Karena instruksi dari dinas pertanian ‘tanamlah bunga sebanyak mungkin’,” pungkasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments