Jumat, Maret 1, 2024
BerandaIndexPeristiwaBaksos Kesehatan Satgas Nusantara Di Donggala

Baksos Kesehatan Satgas Nusantara Di Donggala

SULTENG, Xtimenews.com – Ratusan warga masyarakat Kelurahan Gunung Bale Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala, serta warga masyarakat sekitar Mako Polres Donggala, pada Selasa (12/2) pagi, berduyun-duyun datang ke Polres Donggala guna mendapatkan pelayanan pengobatan secara gratis. Bakti sosial kesehatan ini dilakukan Bidang Dokkes Polda Sulteng yang masuk dalam “Satuan Tugas Nusantara” bekerjasama dengan Polres Donggala.

Menurut Kasubbidpenmas Bidhumas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari, bakti sosial kesehatan ini dibuka Dirbinmas Polda Sulteng Kombes Mohamad Ngajib, SIK mewakili Kapolda Sulteng, dihadiri sejumlah Pejabat Utama Polda Sulteng, Wakil Bupati Donggala Muh. Yasin, Kapolres Donggala, Pengurus Bhayangkari Daerah Sulteng, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Cabang Donggala, serta ratusan warga masyarakat.

Menurut Sugeng Lestari, pelayanan kesehatan dalam baksi sosial yang dimulai pada pukul 08.00 wita tersebut, meliputi khitanan massal, pengobatan umum, pemeriksaan THT, pemeriksaan gigi, dan pelayanan Keluarga Berencana (KB). “warga cukup antusias dalam mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan secara gratis ini,” kata Sugeng.

Dari hasil pelaksanaan pelayanan kesehatan secara gratis yang berlangsung selama sehari penuh, tercatat jumlah anak yang mengikuti khitanan sebanyak 100 orang, sebanyak 250 orang warga yang mendapatkan pelayanan pengobatan umum, sebanyak 100 orang mendapatkan pelayanan KB, sebanyak 100 orang mendapat pelayanan kesehatan gigi serta 100 orang mendapat pelayanan THT. “Polda Sulteng akan terus melakukan upaya pemberian pelayanan kesehatan secara gratis guna meringankan beban warga masyarakat yang kurang mampu, terutama bagi warga masyarakat yang menjadi korban bencana alam gempa, tsunami dan likuifaksi yang terjadi pada bulan September 2018 lalu di daerah ini,” jelasnya.

Bakti sosial kesehatan dilakukan oleh Bidang Dokkes Polda Sulteng.(foto istimewa/xtimenews)

Dirbinmas Polda Sulteng dalam kesempatan itu mengatakan, pemberian pelayanan pengobatan gratis kepada warga masyarakat ini agar kesehatannya tetap terpelihara sehingga diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan tugas Satgas Nusantara guna menyukseskan pelaksanaan Pilpers dan Pileg 2019, khususnya di Kabupaten Donggala. Diharapkan, melalui bakti sosial kesehatan dengan pemberian pengobatan secara gratis derajat kesehatan masyarakat akan semakin membaik.

“pemberian pelayanan pengobatan gratis seperti ini kepada warga masyarakat sebaiknya selalu dilakukan agar mereka terhindar dari berbagai penyakit. Kesehatan itu penting karena merupakan modal utama dalam menghadapi masa depan. Tak ada masa depan tanpa sehat,” tegasnya.

Usai pelaksanaan baksti sosial kesehatan, pantia pelaksanan membagikan 800 paket lebih sarana kontak berisi sembako kepada warga masyarakat yang hadir.(bas/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments