Minggu, Juli 21, 2024
BerandaIndexHeadlineRoda Organisasi Kepolisian Daerah Sulteng Kembali Bergeser

Roda Organisasi Kepolisian Daerah Sulteng Kembali Bergeser

SULTENG, Xtimenews.com – Roda organisasi Kepolisian Daerah Sulteng kembali bergerak. Jabatan Kapolda Sulteng bergeser dari pejabat lama Brigjen Pol. Drs. Ermi Widyatno, MM, kepada pejabat baru Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, MSi.

Pejabat lama mendapat promosi jabatan sebagai Karobinopsnal Baharkam Polri, sedangkan pejabat baru sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kapolda Kalimantan Timur. Serah terima jabatan Kapolda Sulteng ini dilakukan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/188/I/Kep/2019, tanggal 22 Januari 2019.

Prosesi pelaksanaan Sertijab Kapolda Sulteng dilakukan di Rupatama Mabes Polri pada Kamis (24/1), dipimpin Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.Tito Karnavian, Phd.
Sebagai tindak lanjut dari sertijab Kapolda Sulteng yang dilakukan di Mabes Polri tersebut, pada Senin (4/2) mulai pukul 08.00 wita, diadakan upacara “Well Come and Farewell” (Selamat datang dan selamat jalan) bagi kedua pejabat, di halaman Mapolda Sulteng.

Hadir dalam acara ini unsur Forkompimda Sulteng diantaranya Gubernur Sulteng, Dan Lanal, Danrem 132 Tadulako, Kejati serta undangan lainnya.

Kegiatan ini diawali penyambutan Kapolda Sulteng yang baru Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto dipimpin Wakil Kapolda Sulteng Kombes Pol. Drs. Setyo Budi Moempuni Harso, SH, MHum, diikuti para pejabat utama Polda Sulteng, para Kapolres jajaran Polda Sulteng serta pengurus Bhayangkari.

Usai penyambutan, Kapolda Sulteng yang baru melakukan pertemuan ramah-tamah dengan unsur Forkompimda Sulteng di ruang kerja Kapolda Sulteng.
Acara “Well Come and Farewell yang dilakukan mulai pukul 14.00 wita, ditandai dengan penyerahan Pataka Polda Sulteng “Wira Dharma Brata”, dari Kapolda Sulteng yang lama kepada Kapolda Sulteng yang baru.

Usai penyerahan pataka “Wira Dharma Brata”, pejabat lama bersama isteri dilepas dan diarak melalui ”Pedang Pora”, suatu kegiatan yang sudah menjadi tradisi dilingkungan Polda Sulteng. Dalam acara ini, pejabat lama bersama isteri berjalan mengelilingi Mako Polda Sulteng, diikuti dari belakang Kapolda Sulteng bersama para pejabat utama, pamen dan anggota Bhayangkari. Kegiatan ini berakhir sampai dipintu keluar Mapolda Sulteng.

Dalam sambutannya, Kapolda Sulteng yang lama, mengatakan, merupakan kesempatan baik bagi dirinya untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Sulteng atas partisipasi, kekompakan keharmonisan dan kebersamaan yang sudah dibangun selama ini. Dukungan seluruh personel Polda Sulteng dalam perjalanan pengabdiannya di daerah ini, menurut dia, sangat berarti sehingga dapat menyelesaikan tugasnya sebagai Kapolda Sulteng dalam memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum serta memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Kepada seluruh jajaran Polda Sulteng, ia menyampaikan permintaan maaf jika selama memimpin Polda Sulteng terdapat hal-hal yang tidak berkenan. Ia menyatakan, sekiranya ada hal-hal yang kurang mengenakkan sesungguhnya tidak lahir dari keinginan pribadinya melainkan untuk keberhasilan Polda Sulteng. Ia berterima kasih atas segala dukungan dan bantuan yang diberikan kepadanya selama memimpin Polda Sulteng, serta berharap dukungan dan bantuan yang sama tetap diteruskan dan diberikan kepada Kapolda Sulteng yang baru.

Sementara itu, Kapolda Sulteng yang baru dalam sambutannya mengatakan, dengan estafet kepemimpinan ini sangat berharap berbagai kebijakan Promoter Kapolri dapat tetap terjaga dan berkesinambungan, baik yang telah, sedang maupun yang akan terus berjalan dalam upaya menuju Polisi yang promoter, profesional, bermoral dan Modern.

“Realisasi dari komitmen ini kita telah wujudkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan Kepolisian,“katanya.

Dia berharap, melalui kebersamaan dan kerjasama yang dibangun secara solid, apapun tugas serta hambatan yang dihadapi akan dapat diatasi sehingga akan dirasakan manfaat dan faedahnya oleh masyarakat. “saya berharap dukungan kebersamaan dan kerjasama yang sudah terjalin dan berjalan baik selama kepemimpinan pak Ermi, kiranya dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan guna membantu saya dalam memimpin Polda Sulteng, “ pintanya.

Seluruh prosesi sertijab Kapolda Sulteng ini diakhiri dengan pelaksanaan “Pedang Pora”, pelepasan Brigjen Ermi Widyatno bersama isteri dengan menyalami semua yang hadir, selanjutnya diarak berkeliling Mako Polda Sulteng sampai keluar kepintu gerbang Polda Sulteng.(bas/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments