Jumat, Juni 14, 2024
BerandaIndexTNI & POLRISukseskan Pendidikan Karakter Anak, Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0815/Mojokerto Memberikan...

Sukseskan Pendidikan Karakter Anak, Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0815/Mojokerto Memberikan Seminar Parenting

Mojokerto,Xtimenews.com – Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0815/Mojokerto dr. Yuli Suciati Iqbal, Sp.KFR., Cht., AIFO-K., membuka Seminar Parenting di Pendapa Sabha Kridatama (Rumah Rakyat), Jalan Hayam Wuruk Nomor 50, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (02/12/2023).

Seminar yang turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Mojokerto dr. Farida Mariana, M.Kes., kali ini juga menghadirikan audiens dari kalangan guru dan wali murid TK Kartika dibawah naungan Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0815.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto dr. Farida Mariana, M.Kes., saat memberikan sambutannya mengatakan, saat ini yang menjadi perhatian dari Pemerintah Kota Mojokerto adalah penanganan masalah stunting.

“Ibu-ibu perlu diketahui bahwa stunting tidak dipengaruhi dari faktor keturunan, melainkan dari asupan gizi yang diberikan saat masih dalam proses kehamilan dan ketika paska melahirkan”, terangnya.

Sehingga yang perlu diperhatikan, lanjutnya, dengan pemberian protein hewani dimulai dari usia satu tahun agar bisa mempercepat di masa pertumbuhan. “Pemberian protein hewani harus double protein hewani, dan untuk meningkatkan masa pertumbuhan anak-anak kita sebaiknya diberikan makan sehari tiga kali, yang meliputi nasi, sayur-sayuran ikan dan lauk pauk serta protein hewani”, jelas Kadinkes PPKB Kota Mojokerto.

Sementara itu, saat memasuki inti acara, Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0815/Mojokerto dr. Yuli Suciati Iqbal, Sp.KFR., Cht., AIFO-K., saat seminar parenting yang mengangkat tema “Sinergi Sekolah Dan Orang Tua Dalam Rangka Mensukseskan Pendidikan Karakter Anak”, menjelaskan pembentukan karakter anak dimulai dari individu (pribadi) orang tua masing-masing.

“Kenali dahulu kepribadian kita sebagai diri sendiri dan sebagai orang tua kemudian pahami karakter anak kita, selanjutnya kita bisa mengambil langkah yang tepat dalam mendidik anak kita”, terangnya.

Menurut dr. Yuli Suciati Iqbal, Sp.KFR., Cht., AIFO-K., pembentukan karakter anak terdiri dari enam proses hal itu berdasarkan penelitian Pakar Perubahan Perilaku, Roberts Dilts. “Lingkungan, Perilaku, Kapabilitas, Nilai dan Keyakinan serta Spiritualitas”, sebutnya.

Dan keberhasilan membuat perubahan dalam pengasuhan terdapat lima pilar yang menjadi dasar utama, yakni penyelesaian tingkat emosi, fokus pada tujuan, bangun kedekatan, ketajaman indera, dan fleksibel dalam tindakan.

Seminar Parenting tersebut juga menyuguhkan beberapa pentas seni yang ditampilkan dari anak anak TK Yayasan Kartika Jaya diantaranya, Pentas Seni Puisi Kasih Ibu dari TK Kartika IV-61 Trowulan, Pentas Seni Tari Lir Ilir dari TK Kartika IV-62 Jetis, dan Pentas Seni Tari Semut dari TK Kartika IV-64 Mojosari.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0815/Mojokerto dr. Yuli Suciati Iqbal, Sp.KFR., Cht., AIFO-K., dan Kepala Dinas Kesehatan PPKB Kota Mojokerto dr. Farida Mariana, M.Kes., dengan para guru dan wali murid mengenai berbagai macam polemik pola pengasuhan anak. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments