Selasa, Juni 25, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKunjungi Kodim 0815/Mojokerto, Siswa SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya Dikenalkan Tugas Pokok...

Kunjungi Kodim 0815/Mojokerto, Siswa SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya Dikenalkan Tugas Pokok TNI

Mojokerto,Xtimenews.com – Kodim 0815/Mojokerto menerima kunjungan Siswa SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya Kediri di Ruang Data Makodim 0815/Mojokerto Jalan Majapahit Nomor 01, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Senin (23/10/2023).

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., memberikan apresiasi atas kunjungan 26 siswa-siswi SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya yang berlokasi di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Dalam arahannya, Dandim 0815/Mojokerto, menjelaskan secara terperinci Struktur Organisasi dalam Satuan Kodim 0815/Mojokerto meliputi Dislokasi satuan jajaran Koramil termasuk Tugas Pokok dan Fungsi kewilayahan.

“TNI berperan sebagai alat negara dibidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara”, terang Dandim.

Dalam Pasal 7 Ayat (2) Undang Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, lanjut Dandim, tugas pokok TNI dilakukan dengan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). “ Pada Point OMSP ke-9, yaitu membantu tugas pemerintahan di daerah. Berkaitan hal itu, maka Kodim 0815/Mojokerto sebagai Satkowil yang merupakan perpanjangan dari TNI AD memiliki fungsi utama menyelenggarakan pembinaan teritorial (Binter) di daerah”, lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Abituren Akmil Angkatan 2002 juga menjelaskan secara terperinci penyelenggaraan pembinaan teritorial (Binter) dilakukan melalui metode Pembinaan Komunikasi Sosial, Pembinaan Ketahanan Wilayah dan Bakti TNI.

Sementara itu salah satu siswa, Akhmad Aufan Rafiki, Kelas 12, menjelaskan kedatangannya bersama rekan-rekan SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya ke Kodim 0815/Mojokerto dalam rangka kegiatan belajar di luar kelas (outdoor study) dengan tujuan untuk menimba ilmu secara langsung terkait struktur organisasi TNI di wilayah tempat tinggal masing-masing.

“Kodim 0815/Mojokerto merupakan bagian Institusi TNI-AD yang tentunya dapat memberikan gambaran dan membimbing kami sesuai dengan yang kami harapkan khususnya dalam ilmu kepemimpinan”, terangnya.

Ia juga berharap ke depan, siswa-siswi SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya dapat memberikan kontribusi kepada Kodim 0815/Mojokerto.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdim Mayor Arh GN Putu Ardana, S.S., bersama para Perwira Staf Kodim 0815/Mojokerto, guru pendamping dan wali murid. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments