Minggu, Juni 16, 2024
BerandaIndexTNI & POLRITerserang Hama Ulat Tanah, Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Bantu Petani Jagung

Terserang Hama Ulat Tanah, Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Bantu Petani Jagung

Mojokerto, Xtimenews. com – Upaya pendampingan program ketahanan pangan terus dilakukan Kodim 0815/Mojokerto melalui jajaran Koramil dengan mengerahkan Babinsa dimasing-masing desa binaan.

Kegiatan yang dilakukan dengan mendampingi para petani mulai tahap penyiapan lahan hingga panen. Hal ini dilakukan dengan tujuan membantu dan memotivasi petani untuk Meningkatkan produksi pertanian. Namun tentunya tak sebatas itu, karena Babinsa juga harus membantu mencari solusi disaat petani menemui kendala dan hambatan.

Demikian disampaikan Babinsa Bakalan Koramil 0815/18 Gondang Serda Trilaksono saat mendampingi warga binaannya, Suryadi (65) melakukan perawatan tanaman jagung di lahan seluas 4.000 meter persegi milik Ibu Sripah (70).

Dengan didampingi Kaur Umum Desa Bakalan, Agung Suhartono (40), Serda Trilaksono menjelaskan, tanaman jagung usia 18 hari yang dikelola Pak Suryadi menampakkan gejala terserang hama ulat tanah.

“Hama ini berpotensi menggagalkan panen jika tidak dapat dikendalikan sehingga dibutuhkan upaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida curacron”, terangnya.

Ia menambahkan, untuk penggunaan insektisida curacron cukup menggunakan rasio satu tutup botol untuk satu tanki alat penyemprot (handsprayer). “Kami (Babinsa) di lapangan akan selalu berkomitmen dan berusaha semaksimal mungkin memberikan solusi kepada para petani dengan harapan dapat memajukan kesejahteraan masyarakat”, imbuhnya.

Sementara itu, pengelola lahan jagung Bapak Suryadi (65), mengucapkan terima kasih atas pendampingan yang telah dilakukan Babinsa Serda Trilaksono. “Saya ucapkan terima kasih atas solusi dan masukan yang diberikan oleh Pak Babinsa, semoga ke depan kami dapat melakukan panen jagung dengan hasil yang baik”, ujarnya. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments