Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIKoramil Pacet Ajarkan Gerakan Dasar PBB Murid SDN Kemiri

Koramil Pacet Ajarkan Gerakan Dasar PBB Murid SDN Kemiri

Mojokerto,Xtimenews. com – Babinsa Kemiri Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto Serda Lukman Hakim memberikan pelatihan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa-siswi SD Negeri Kemiri I, Desa Kemiri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (21/06/2023) pagi. Hal ini dilakukan dalam upaya membantu pendidikan Karakter bagi generasi muda.

Pengenalan PBB harus dimulai sejak dini seperti halnya siswa–siswi yang masih duduk dibangku sekolah dasar ini sangat penting untuk membentuk dan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin. Sehingga dengan demikian diharapkan dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggungjawab.

Bertempat di halaman SDN Kemiri I ini Sertu Ja’ar Susanto bersama Babinsa dengan kompak mengajarkan dan mengenalkan sikap–sikap dasar PBB yakni mulai dari gerakan di tempat, perubahan arah dan perpindahan tempat atau gerakan berjalan. Untuk membangkitan semangat para siswa, sesekali Sertu Ja’ar Susanto meneriakan yel-yel.

Saat dikonfirmasi via pesan singkat WhatsApp, Sertu Ja’ar Susanto mengatakan, kehadirannya di sekolah merupakan bagian tugas kami untuk turut serta andil dalam membentuk calon–calon generasi muda yang mempunyai sikap disiplin berkarakter sejak dini sehingga nantinya akan lahir generasi bangsa yang berkualitas. “Hal ini juga merupakan bagian dari pembinaan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara”, katanya.

Sertu Ja’ar Susanto menambahkan bahwa dengan adanya latihan PBB ini diharapkan akan tertanam jiwa kedisiplinan pada siswa-siswi sekolah dasar sejak dini, karena (kedisiplinan) itu merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam meraih cita-cita yang didambakan. “Sederhananya disiplin bisa diterapkan Sejak dini dalam bentuk disiplin waktu, disiplin dalam belajar, dan taat atau patuh apada aturan sekolah dan lingkungan” kata Sertu Ja’ar.

Lebih lanjut Sertu Ja’ar mengatakan kami mengajarkan dari hal–hal yang sederhana seperti gerakan di tempat, sikap sempurna yang benar, sikap istirahat di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan agar para siswa mampu menerima pelajaran ataupun materi yang kami sampaikan, pungkas Sertu Ja’ar

Sementara Kepala Sekolah SD Negeri I Kemiri, Indah Isbandiyah, S.Pd,, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada bapak–bapak dari Koramil yang sudah memberikan pelatihan kepada para siswa, tentunya hal ini sangat berguna untuk membentuk karakter dasar bagi anak didik kami. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments