Selasa, Juni 25, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPeran Aktif Kodim 0815/Mojokerto Berikan Materi Wasbang Purna Paskibra

Peran Aktif Kodim 0815/Mojokerto Berikan Materi Wasbang Purna Paskibra

Mojokerto, Xtimenews. com – Upaya menumbuhkan dan membangun kesadaran bela negara kepada generasi muda agar cinta pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terus dilakukan Kodim 0815/Mojokerto.

Kali ini, dengan melakukan kolaborasi bersama Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto, Kodim 0815/Mojokerto berkesempatan memberikan pemahaman Wawasan Kebangsaan saat Pembukaan Pendidikan Bela Negara Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023.

Kegiatan yang mengangkat tema Membangun Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Dalam Menyongsong Pemilihan Umum Tahun 2024 dilaksanakan di Hall Raden Wijaya Royal Caravan Hotel dan Outbond Jalan Raya Trawas Desa Sukosari Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (20/06/2023).

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., melalui Pgs. Perwira Seksi Intelijen Kapten Inf Prima Aditya Yanuarko, S.I.P., saat menyajikan materi Wawasan Kebangsaan dihadapan peserta mengupas Empat Konsensus Dasar Bangsa Sebagai Sumber Nilai.

Ia menjelaskan Pancasila Sebagai falsafah hidup bangsa yang religius, memiliki prinsip kemanusiaan, mengutamakan persatuan dan musyawarah serta sebagai upaya dalam mencapai keadilan sosial. Pun Demikian, Dijelaskannya tentang UUD 1945, NKRI Sebagai rumah bersama dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kapten Inf Prima Aditya Yanuarko, S.I.P., juga menjelaskan arti Bela Negara menurut Pasal 9 UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara maupun yang tertera pada UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 30 ayat (1).

“Bela negara merupakan segala upaya untuk membela dan mempertahankan negara dari berbagai ancaman gangguan hambatan tantangan dari dalam maupun luar yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat”, terang Abituren Akmil Angkatan 2012.

Dihadapan seluruh peserta Kapten Inf Prima Aditya Yanuarko, S.I.P., juga menyikapi terjadinya fenomena perubahan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. “Generasi muda saat ini cerdas tetapi tidak fokus, berkarya tapi kurang daya akan semangat Juang”, tandasnya.

“Intinya Kesadaran bela negara itu harus terus dibina dan ditumbuhkembangkan, karena pada hakikatnya pembinaan kesadaran bela negara itu untuk membangunn Karakter Bangsa Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta ketahanan nasional,demi Terwujudnya NKRI yang tangguh”, pungkasnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan tersebut dihadiri Kabakesbangpol Provinsi Jatim diwakili Kabid Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Bakesbangpol Provinsi Jatim Dian Puspita Sari Hayuningtyas, S.STP., M.Si., Kabakesbangpol Kabupaten Mojokerto diwakili Kabid Kastra Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto Drs. Roul Amrulloh, Kabid Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto Mari Sudiastati, S.E, M.Si., Staf Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto, dan para Peserta Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Mojokerto. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments