Jumat, Juli 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIDanramil 0815/08 Dawarblandong Bekali Wasbang Ratusan Siswa SMK Nasional

Danramil 0815/08 Dawarblandong Bekali Wasbang Ratusan Siswa SMK Nasional

Mojokerto, Xtimenews. com – Kodim 0815/Mojokerto sebagai bagian tak terpisahkan dari TNI AD melaksanakan fungsi Pembinaan Teritorial (Binter) melalui kegiatan Komsos, Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dan Bakti TNI untuk membangun Kemanunggalan TNI–Rakyat dalam rangka mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh.

Sebagai Satuan Komando Kewilayah (Satkowil), Kodim 0815/Mojokerto bersama-sama Pemda, Polri dan unsur Forkopimda berkewajiban melaksanakan pembinaan wilayah dengan mengedepankan peran Koramil dan Babinsa bersama unsur Tiga Pilar ditingkat kecamatan hingga desa.

Dalam pelaksanaan fungsi Binter khususnya pembinaan ketahanan wilayah, Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajaran terus berpartisipasi aktif dalam membantu pendidikan karakter di wilayah guna menyiapkan generasi muda berkarakter, berwawasan kebangsaan dan berjiwa Pancasila yang dilandasi semangat nasionalisme dan patriotisme.

Seperti kali ini, Kamis (15/06/2023), Danramil 0815/08 Dawarblandong, Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., terjun langsung memberikan Wasbang di SMK Nasional Dawarblandong yang diikuti sekitar 300 siswa.

Dihadapan ratusan siswa SMK Nasional Kapten Benny menegaskan, bahwa kita harus berpedoman kepada Pancasila, dengan memahami dan mengamalkan sila–sila pada Pancasila tersebut. Sebagai pelajar kita harus berbakti kepada orang tua dan berbakti kepada guru.

Lebih lanjut Kapten Benny mengajak para siswa harus disiplin yakni melaksanakan semua peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah maupun lingkungan. ”Tanamkan disiplin diri dengan mengikuti dan melaksanakan semua aturan secara tulus dan ikhlas. Semua ini manfaatnya bisa dirasakan tidak hanya sekarang namun kelak dikemudian hari pasti lebih terasa”, ungkapnya.

Diakhir materinya, Kapten Benny menandaskan, sadar atau tidak, kita ini sebenarnya hidup disebuah tempat yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Jargon Bhinneka Tunggal Ika, sebuah negeri surga yang diidamkan banyak orang bahkan penduduk dunia.

”Ibadah kita dijamin oleh Sila Pertama, HAM kita dijamin dengan Sila Kedua, Kerukunan kita dijamin oleh Sila Ketiga, Demokrasi kita dijamin oleh Sila Keempat dan Sila Kelima menjamin bahwa semua warga negara diperlakukan secara adil”, tandasnya.

Pantauan di lapangan usai pemberian materi Wasbang oleh Danramil, para siswa SMK Nasional dibekali pelatihan dasar materi PBB (Peraturan Baris Berbaris) dari anggota Koramil 0815/08 Dawarblandong yang berlangsung di halaman SMK Nasional Dawarblandong.

Selama kegiatan Wasbang dan PBB dihadiri oleh Kepala Yayasan SMK Nasional Dawarblandong, Drs. Mukalil, Kepala Sekolah SMK Nasional Dawarblandong, Ahmad Syamsuddin Cahyono, S.T., serta para guru pendamping. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments