Jumat, Juli 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIDandim 0815/Mojokerto Launching Program 165 Unit Rutilahu

Dandim 0815/Mojokerto Launching Program 165 Unit Rutilahu

Mojokerto, Xtimenews. com – Kesenjangan ekonomi yang dialami masyarakat khususnya di Jawa Timur pasca pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020, menginisiasi Kodam V/Brawijaya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bekerjasama melaksanakan kegiatan Bakti TNI dengan merenovasi Rumah Tidak layak Huni (Rutilahu) milik masyarakat secara swakelola di seluruh Jawa Timur.

Berkaitan hal tersebut, Kodam V/Brawijaya melalui Kodim jajaran termasuk Kodim 0815/Mojokerto pada hari ini, Kamis (15/06/2023) secara resmi me-Launching Program Bakti TNI Rutilahu di Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., saat meresmikan me-Launching Program Rutilahu mengungkapkan, kerja sama antara Kodam V/Brawijaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur kali ini menyasar Program Rutilahu dengan alokasi sasaran sebanyak 2.360 unit untuk seluruh wilayah di Jawa Timur. Selain Rutilahu, ada juga program jambanisasi.

“Sementara untuk Kodim 0815/Mojokerto mendapatkan alokasi sebanyak 165 unit yang tersebar di 18 Kecamatan wilayah Kabupaten Mojokerto”, ungkapnya.

Seperti saat ini, lanjut Abituren Akmil Angkatan 2002, untuk wilayah Kecamatan Kutorejo, alokasi Rutilahu yang disediakan sebanyak 10 unit. “Salah satunya rumah milik Ibu Kasminah (79) yang menjadi tempat Peresmian Program Rutilahu. Tentunya kita semua berharap program ini dapat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat yang membutuhkan”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0815 juga menegaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan solidaritas antara Pemerintah Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta masyarakat sekitar dalam berpartisipasi dan ikut berperan aktif dalam kegiatan Rutilahu sehingga dapat berjalan lebih optimal.

Di saat yang sama Kepala Desa Jiyu, Ali Imron, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Program Rutilahu yang berlangsung didesanya. “Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Dandim 0815/Mojokerto dan Koramil 0815/13 Kutorejo yang telah mengupayakan memberikan bantuan kepada warga kami.

Ia menjelaskan, Pemerintah Desa Jiyu telah melaksanakan bedah rumah sebanyak 14 unit rumah warga dan berharap untuk pembangunan rumah kali ini sesuai dengan bedah rumah yang sebelumnya. “Semoga dalam pelaksanaan kegiatan Rutilahu di Desa Jiyu ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang kita harapkan”, harapnya.

Pantauan di lokasi, peluncuran Program Rutilahu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., didampingi Forkopimcam Kutorejo sebagai titik awal dimulainya Program RTLH, yang secara serentak dilaksanakan di wilayah Kodim 0815/Mojokerto.

Dalam kegiatan tersebut Dandim 0815/Mojokerto oleh Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, S.E., berkesempatan memberikan bantuan paket Sembako kepada pemilik rumah, Ibu Kasmina.

Tampak hadir dalam kegiatan, Camat Kutorejo Nuryadi, S.H., M.M., Danramil Kutorejo Kapten Inf Slamet Utomo, Kapolsek Kutorejo diwakili Ipda Munir, Para Perwira Staf dan Danramil jajaran, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dari karang taruna setempat, para Babinsa Koramil 0815/13 Kutorejo dan Bhabinkamtibmas, serta perwakilan warga sekitar serta undangan lainnya. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments