Rabu, Juni 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRICegah Stunting, Babinsa Koramil 0815/04 Puri Lakukan Pendampingan Layanan Kesehatan Balita

Cegah Stunting, Babinsa Koramil 0815/04 Puri Lakukan Pendampingan Layanan Kesehatan Balita

Mojokerto, Xtimenews. com– Upaya pencegahan stunting terus dilakukan Kodim 0815/Mojokerto melalui Koramil jajaran bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto melalui UPT PKM masing-masing Kecamatan.

Kali ini, Koramil 0815/04 Puri melalui Babinsa Tangunan Serda Khoris melaksanakan kegiatan pendampingan layanan kesehatan di Posyandu Desa Tangunan, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (14/06/2023).

Untuk diketahui bersama. kegiatan layanan kesehatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan petugas kesehatan desa bersama Kader PKK untuk membantu mengontrol kesehatan Balita dan Lansia yang berada di wilayah Desa Tangunan.

Saat ditemui disela-sela kegiatan, Serda Khoris mengatakan, kehadiran Babinsa dalam kegiatan tersebut, selain monitoring juga merupakan pendampingan dalam upaya membantu kelancaran dan ketertiban saat berlangsungnya layanan kesehatan.

“Kami di lapangan akan melakukan pendampingan secara maksimal guna mendukung program pemerintah mewujudkan Balita sehat demi tercapainya generasi penerus yang unggul”, kata Babinsa.

Ia juga menjelaskan, dalam kegiatan tersebut diikuti 30 Balita dan 20 Lansia, masing-masing Balita mendapatkan pelayanan imunisasi lengkap sedangkan Lansia mendapatkan pelayanan kontrol darah dari petugas kesehatan.

Sementara itu, Pgs. Danramil 0815/04 Puri Letda Inf Didik Satrio Wibowo, mengatakan, Posyandu menjadi sarana yang sangat penting bagi masyarakat demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya Bumil, dan Balita, terlebih Lansia yang rentan dengan berbagai penyakit.

“Babinsa kami bersinergi dengan petugas kesehatan di lapangan melakukan upaya kontrol perkembangan pada setiap Bumil dan Balita melalui imunisasi dasar lengkap dan pemberian vitamin, sedangkan untuk Lansia dilakukan pengecekan gula darah dan kolesterol”, terangnya.

Ia menambahkan, keikutsertaan Babinsa dalam kegiatan layanan kesehatan ini khususnya kepada Bumil dan Balita merupakan salah satu upaya pencegahan terjadinya stunting di wilayah binaan. “Kita semua berharap ke depan generasi penerus bangsa akan menjadi generasi yang lebih baik, lebih sehat, dan berdayasaing sehingga kelak negara kita menjadi negara yang lebih maju”, ungkapnya.

Tampak hadir dalam kegiatan, Ketua PKK Desa Tangunan Hany Masnah, Perawat Desa Tangunan Elisa, Amd., Kep., Kader Posyandu dan para peserta penerima layanan kesehatan terdiri dari Bumil, Balita dan Lansia se-wilayah Desa Tangunan. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments